BPNT Berubah Menjadi Program Sembako

BPNT Berubah Menjadi Program Sembako

lensakalteng.com – Tamiang Layang – Dana bantuan sosial untuk penanggulangan dampak Covid-19 melalui Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau sekarang ber

Pemda Bartim Diimbau Serius Tangani Karhutla
Ajak Masyarakat Turut Jaga Pelihara Kondusifitas
Ucap Belasungkawa Atas Tragedi KRI Nanggala

lensakalteng.com – Tamiang Layang – Dana bantuan sosial untuk penanggulangan dampak Covid-19 melalui Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau sekarang berganti nama dengan Program Sembako untuk bulan Mei sudah masuk ke rekening Keluarga Penerima Manfaat atau KPM.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Barito Timur, H. Rusdianoor melalui Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Fakir Miskin, Santai Nyawit saat dimintai keterangan terkait perkembangan pendistribusian bantuan sosial pada Jumat (8/5/2020).

“Bansos Program Sembako senilai Rp. 200.000 ribu per bulan tersebut langsung di transfer ke rekening KPM yang akan di belanjakan secara non tunai menggunakan kartu KKS di agen dan e-warong yang sudah ditentukan oleh bank pemerintah,” ucapnya.

Ia juga menjelaskan, Bansos Sembako tersebut hanya bisa dibelanjakan dalam bentuk Sembako secara non tunai atau tidak bisa diambil uangnya.

“Untuk jenis Sembako yang bisa dibelanjakan oleh KPM antara lain berupa beras, ikan, daging, buah-buahan, sayur mayur dan kebutuhan pokok lainya yang mengandung karbohidrat dan protein,” ujarnya.

Dikatakannya, dalam rangka penanggulangan dampak sosial Covid-19 ini pemerintah telah membuat kebijakan khusus pada Program Sembako yakni penambahan nilai Bansos dari Rp. 150 ribu menjadi Rp. 200 ribu yang akan diterima sampai bulan Desember 2020 nanti.

“Selain itu juga, pemerintah memperluas KPM penerima yang diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS. Untuk Kabupaten Barito Timur kita mendapatkan perluasan KPM sebanyak 169 orang, untuk saat ini KPM akan perluas tersebut sedang dalam proses persiapan penyaluran kartu KKS,” ujar Santai Nyawit.

Adapun jumlah total KPM penerima bansos Program Sembako di wilayah Kabupaten Barito Timur ini adalah sebanyak 3.094 KPM. (ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: