DPRD KapuasKapuas

Di Tengah Pandemi Covid-19, Bupati Kapuas Puji Adanya Tausiyah Online

SILAHTURAHIM VIRTUAL: Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat menyapa para peserta tausiyah ramadan online, Senin (18/5/2020).

LENSAKALTENG.com – KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat memuji dengan adanya tausiyah ramadan online. Karena pada saat wabah virus Corona (Covid-19), masyarakat tidak bisa berkumpul bersama dan hanya berdiam di rumah saja.

Imbauan pemerintah agar warga di rumah saja, tidak menjadi penghalang dalam terus menjalin silaturahmi antar sesama. Seperti dengan dilaksanakan tausyiah ramadan online, memanfaatkan perkembangan teknologi yang semakin maju untuk mempermudah komunikasi antar sesama walaupun berada di jarak yang jauh.

Program ini diinisiasi Pemerintah Kabupaten Kapuas melalui Dinas Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Bank Mandiri Syariah Kapuas. Tausiyah ramadan online kali ini dengan tema ‘Mencapai Hati Yang Fitri di Masa Pandemi’ melalui media komunikasi virtual zoom cloud meeting pada Senin (18/5/2020).

Tausiah Online juga diikuti Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Dewan Pembina Pergunu Pusat KH Muchtar Ruslan selaku penceramah, jajaran Dinas Kominfo serta jajaran Bank Mandiri Syariah Kabupaten Kapuas.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat melalui komunikasi virtual, sangat mengapresiasi program Tausyiah Ramadan Online tersebut. Sebab menurut Bupati Kapuas dua periode ini, selain dapat memberikan pemahaman mengenai bulan suci ramadan, juga sebagai ajang untuk menjalin silaturahim antar sesama.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat, sebab selain mendapatkan ilmu dari ceramah yang diberikan, juga dapat menjalin silaturahmi antar sesama walaupun ditengah masa wabah virus Corona ini,” kata Ben Brahim di hadapan peserta yang mengikuti tausiyah online tersebut.

Bupati Kapuas juga berpesan, kepada  masyarakat Kabupaten Kapuas agar selalu menjaga kesehatan serta mematuhi anjuran dan imbauan yang telah ditetapkan pemerintah. Hal ini demi memutus penyebaran Covid-19.

“Dengan harapan wabah ini dapat segera berakhir,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Dr H Junaidi yang juga ikut tausiyah online, menyampaikan kondisi perkembangan Covid-19 di Kabupaten Kapuas. Terkait itu, menurutnya masyarakat harus lebih berhati-hati dan tetap waspada menghadapi kondisi pandemi saat ini.

Dia mengharapkan agar masyarakat selalu mematuhi anjuran-anjuran dari  pemerintah, seperti selalu menggunakan masker saat keluar rumah. Selain itu, jangan dulu bepergian atau mudik untuk sementara waktu.

Dia juga menambahkan, masyarakat agar mematuhi paturan-peraturan dari Fatwa MUI nomor 14 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi wabah virus covid-19. Surat Edaran Menteri Agama nomor 6 tahun 2020 dan Maklumat Kapolri agar terhindar dari virus corona.

“Kita harus tetap optimistis bahwa dengan kebersamaan dan kekompakan, insyaallah wabah ini segera berakhir,” tutup H Junaidi yang juga Ketua ICMI Kabupaten Kapuas tersebut.

Adapun dalam tausiyahnya, KH Muchtar Ruslan yang juga selaku Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas menjelaskan tentang tata cara menghadapi virus Corona di bulan ramadan ini. Salah satunya yaitu dengan tetap fokus melaksanakan ibadah walaupun di rumah saja dan tidak boleh sampai kehilangan arah.

“Selalu ber istighfar kepada Allah SWT setiap waktu dan berdoa agar diberi kesabaran dan ketabahan menghadapi wabah ini. Kita harus yakin dan percaya selalu ada pertolongan dari Allah SWT. Semoga kita menjadi orang yang selalu bertaqwa di berbagai kondisi yang kita hadapi,” ungkap KH Muchtar Ruslan. (ON)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: