DPRD Kalimantan TengahHeadlineKalimantan Tengah

Janji Bantu Ribuan Mahasiswa Kalteng Terdampak Covid-19

Gubernur Sugianto juga menyampaikan mahasiswa perguruan tinggi seluruh Kalteng juga dapat dibantu yang terdampak dan benar benar tidak mampu dan memerlukan.

lensakalteng.com – PALANGKA RAYA – Gubernur Kalimantan Tengah, H. Sugianto Sabran melakukan video confrence (vicon) bersama Dewan Riset Daerah (DRD), Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, serta para akademisi guna meminta masukan dampak sosial, ekonomi, ketahanan pangan di daerah dan strategi upaya pemulihan pascapandemi COVID-19 kedepannya, Rabu (6/5/2020).

Pada diskusi yang dilakukan melalui sambungan virtual tersebut, gubernur menyampaikan harapan, agar para ahli dan akademisi dapat memberikan sumbangan pemikiran dan berbagai pertimbangan, sebelum dilakukan penandatanganan usulan permohonan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), untuk wilayah Kota Palangka Raya yang selanjutnya dikirimkan ke Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan pemerintah pusat.

Gubernur Sugianto juga menyampaikan mahasiswa perguruan tinggi seluruh Kalteng juga dapat dibantu yang terdampak dan benar benar tidak mampu dan memerlukan.

“Selain warga, misalnya ada 50 ribu mahasiswa yang terdampak, baik yang tidak mampu dan rentan itu juga kita bantu. Tapi juga secara bertahap dan semampu anggaran Pemprov Kalteng, tidak banyak namun ada dan kami siapkan. Ya kita tidak tahu kapan ini berahir, namun kita berdoa bersama sama cepat berahir. Kami juga lakukan strategi kesiapan anggaran pasca covid-19 ini,”kata Sugianto.

Gubernur Sugianto berpesan kepada seluruh kepala PTN, PTS dan akademisi, yang juga diikuti oleh plt Kadis Pendidikan dan Kadis Pertanian, mengajak seluruh perguruan tinggi untuk bersama sama menjaga stabilitas pangan dengan misalnya kerjasama bercocok tanam dan bertani untuk mahasiswa sehingga dapat membantu meningkatkan ketahanan pangan dimulai dari kampus.

“Silahkan perguruan tinggi mengajukan atau kerjasama pertanian dan lainya, untuk menjaga ketahanan pangan di Kalteng. Sebagian juga sudah ada di daerah kawan mahasiswa dan warga berkolaborasi dalam ketahanan pangan, kami apresiasi dan terus dorong,” ucap Sugianto Sabran.

Usai kegiatan, Gubernur juga meminta doa kepada seluruh kepala PTS,PTN, menyerukan warga dan mahasiswa untuk berdoa bersama sama agar cepat berahir covid-19 serta mematuhi anjuran pemerintah dengan menjaga jarak, pakai masker serta mengurangi berkumpul.

“Kita patuh, yakin situasi ini cepat berahir. Kepala PTN, PTS sampaikan kepada warga dan mahasiswa, tetap menjaga jarak dan pakai masker. Kita tahu situasi ini semua berdampak, namun yakin dan optimis dengan upaya pemerintah dapat melakukan upaya penanganan dan pencegahan secara bertahap,” kata Gubernur Sugianto. (YS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: