Barito SelatanDPRD Barito SelatanHeadline

PAD Barsel Tahun 2019 Dilaporkan Sentuh Rp Rp 77,34 Miliar

Capaian PAD ini, disampaikan oleh Bupati Barito Selatan, H. Eddy Raya Samsuri dalam laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020, pada sidang paripurna di Graha Paripurna DPRD setempat, Rabu (6/5/2020).

lensakalteng.com – BUNTOK – Jumlah tersebut lebih rendah dari target pendapatan asli daerah (PAD) yang telah ditetapkan, yakni senilai Rp 100,89 miliar atau hanya mencapai sebesar 86,68 persen dari target.

Capaian PAD ini, disampaikan oleh Bupati Barito Selatan, H. Eddy Raya Samsuri dalam laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020, pada sidang paripurna di Graha Paripurna DPRD setempat, Rabu (6/5/2020).

Selain pencapaian PAD tersebut, Eddy juga melaporkan beberapa hal lainnya terkait dengan jumlah serapan anggaran dan kinerja pemerintah daerah sepanjang tahun 2019.

Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 tahun 2019 tentang APBD Barsel, dari jumlah alokasi senilai Rp 1,16 triliun, pemerintah berhasil menyerap anggaran sebesar Rp 1,7 triliun atau 92,82 persen realisasi dari target yang ditetapkan.

Jumlah tersebut, adalah meliputi belanja tidak langsung (BTL) senilai Rp 560,64 miliar atau sebesar 97,98 persen dari alokasi sebesar Rp. 619,78 miliar. Belanja langsung (BL) sebesar Rp 419,02 miliar atau sebesar 87,42 persen dari target senilai Rp 537,77 miliar.

Sementara itu, untuk jumlah pendapatan APBD Tahun 2019, Barsel mencatatkan pendapatan sebesar 985,28 miliar atau hanya sebesar 94,92 persen dari target pendapatan yakni sebesar Rp 1,03 triliun. Pendapatan tersebut meliputi, PAD sebesar Rp 77,34 miliar, dana perimbangan senilai Rp 902,72 miliar atau sebesar 99,04 persen dari target senilai Rp 911,48 miliar.

Kemudian, pendapatan daerah lainnya yang sah, adalah sebesar Rp 119,55 miliar atau sebesar 73,91 persen dari target sebesar Rp 142,25 miliar.

“Terkait realisiasi penyerapan anggaran yang telah kami sampaikan, masih bersifat sementara. Sedangkan untuk hasil final, adalah angka capaian realisasi berdasarkan hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI dan akan kami sampaikan nanti secara rinci, pada saat penyampaian Raperda laporan keuangan pemerintah daerah,” terang Eddy.

Sementara itu, untuk laporan kinerja, orang nomor satu di Bumi Batuah itu menyampaikan capaian kinerja pada enam bidang, yakni pendidikan, ketahanan pangan, kesehatan, infrastruktur, kependudukan dan bidang telekomunikasi dan informatika.

Pencapaian tersebut, dikatakan oleh Eddy tidak lepas dari kerja sama dan kerja keras dari seluruh komponen masyarakat di Kabupaten bersemboyan Dahani Dahanai Tuntung Tulus itu. Hal ini, diakuinya sejalan dengan visi dan misi pemerintah daerah, yang ingin mewujudkan agar kabupaten pesisir DAS Barito itu menjadi salah satu kabupaten yang mandiri dan maju.

“Terwujudnya Barsel menjadi daerah yang maju dan mandiri, sehingga terciptanya kehidupan masyarakat yang sejahtera secara merata,” pungkas Eddy.(petu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: