Jelang Kemarau, Warga Bartim Diminta Jangan Bakar Lahan

Jelang Kemarau, Warga Bartim Diminta Jangan Bakar Lahan

FOTO : Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barito Timur, Ariantho S. Muller. lensakalteng.com - Tamiang Layang - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barito Timur,

Cegah Covid-19 dengan Terapkan 3M
Potensi Pencemaran Lingkungan Mungkin Terjadi
Dana Desa Harus Dikelola Secara Baik dan Transparan

FOTO : Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barito Timur, Ariantho S. Muller.

lensakalteng.com – Tamiang Layang – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barito Timur, Ariantho S. Muller mengajak seluruh masyarakat Barito Timur setop membakar lahan kosong apalagi menjelang saat musim kemarau ini.

“Kebakaran hutan dan lahan akibat pembakaran oleh oknum yang tidak bertanggungjawab tentu akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan, lingkungan dan ekosistem lain,” ucap Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barito Timur Ariantho S. Muller, Senin (20/7/2020).

Politikus Partai PKPI ini. mengatakan, pada musim kemarau ini tidak seharusnya dimanfaatkan warga untuk membuka lahan dengan cara membakar. Ada cara lain untuk membuka lahan, seperti dengan memberi larutan biologis, organik, bakteri sebagai pengurai pada lahan, dan menggunakan alat berat, kata Wakil Ketua DPRD Barito Timur ini.

“Dengan cara seperti ini memang membutuhkan biaya dan waktu beberapa minggu, namun tidak merusak lingkungan, alam, dan ekosistem di wilayah sekitar kita, serta tidak menimbulkan bau asap yang tentunya akan sangat menganggu kesehatan masyarakat sekitarnya,” kata Wakil Ketua ini.

Dalam penjelasanya, ada banyak sekali dampak yang terjadi akibat dari pembakaran hutan dan lahan, seperti hutan menjadi gundul, tersebarnya asap dan emisi gas karbondioksida kemana-mana, serta bau gas bertebaran di udara.

“Kami tidak ingi terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Barito Timur. Harus ada pengertian dan pemahaman dari masyarakat untuk tidak membakar hutan dan lahan secara sembarangan,” pungkasnya. (ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
%d blogger menyukai ini: