Musti Libatkan Warga Lokal Dalam Padat Karya Tunai

Musti Libatkan Warga Lokal Dalam Padat Karya Tunai

FOTO : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Kabupaten Barito Timur Ir. Barnusa. lensakalteng.com - Tamiang Layang - Kepala Dinas Pem

Kampanye Akbar SURYA : Black Campaign Disebarkan Untuk Menjatuhkan Kami, itu Semuanya Hoax
Isi Kemerdekaan dengan Hal Positif
Berharap Pemuda Bartim Turut Jaga Kondusifitas

FOTO : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Kabupaten Barito Timur Ir. Barnusa.

lensakalteng.com – Tamiang Layang – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Kabupaten Barito Timur Ir. Barnusa meminta, agar perekrutan peserta padat karya tunai desa harus melibatkan warga.

“Sebabnya program padat karya tunai harus melibatkan masyarakat sekitarnya, pengangguran, setengah pengangguran dan kelompok-kelompok di lingkungan desa harus dilibatkan,” ucap Barnusa, Kamis (23/7/2020).

Menurutnya, peserta yang bekerja musti memiliki keterampilan pada bidang yang hendak dikerjakan. Kumpulkan orang-orang tersebut untuk kemudian dapat transfer ilmu kepada warga lain yang belum memiliki keahlian serupa.

“Salah satunya membangun jalan, masyarakat yang sudah ahli di bidangnya harus dilibatkan dalam pengerjaannya. Sehingga warga yang kurang mengerti bisa belajar, sehingga kepala desa punya kewenangan memanfaatkan warganya untuk berkerja jadi tidak usah lagi mencari tukang pekerja dari luar desa,” ujarnya.

Selain bertujuan untuk memberikan masukan ilmu kepada pekerja lokal desanya, pekerjaan pembangunan desa dari dana desa dengan menggunakan sistem padat karya tunai juga bertujuan untuk menambah penghasilan warga dengan cara melibatkan langsung dalam pengerjaan tersebut.

“Tujuan padat karya tunai adalah untuk membantu dan menambahkan penghasilan masyarakat yang kurang mampu dan masyarakat yang menganggur berbulan-bulan,” pungkasnya. (ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
%d blogger menyukai ini: