Pandemi Covid-19, Serapan Anggaran 2020 Rendah

Pandemi Covid-19, Serapan Anggaran 2020 Rendah

Lensakalteng.com, PULANG PISAU – Bupati Pulang Pisau (Pulpis) Edy Pratowo melalui Kepala Bappedalitbang Juman menyampaikan akibat refocusing anggaran,

Bupati dan Wakil Bupati Pulpis Kenakan Pakaian Adat di Acara Detik Proklamasi
Pemkab Pulan Pisau Pelajari Sanksi Pelanggar Protokol Kesehatan
Pemangkasan Anggaran Berimbas Pada Pencapaian Target Pembangunan di Pulpis

Lensakalteng.com, PULANG PISAU – Bupati Pulang Pisau (Pulpis) Edy Pratowo melalui Kepala Bappedalitbang Juman menyampaikan akibat refocusing anggaran, penyerapan atau realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di tahun 2020 rendah.

“Pada Juni belakangan ini mengalami keadaan yang kurang normal dikarenakan Pandemi Covid-19 dan adanya pemangkasan lebih dari 100 Milyar dari anggaran yang ada baik untuk belanja langsung maupun tidak langsung,” ujarnya.

Dalam Rapat Percepatan Realisasi Anggaran Kabupaten Pulpis yang dilaksanakan di Aula Bappedalitbang, Kecamatan Kahayan Hilir, Jumat (24/7). Juman menyampaikan bahwa penyesuaian yang terjadi harus bisa dimaklumi dan berpengaruh terutama untuk realisasi belanja langsung.

Sedangkan realisasi keuangan pada belanja langusng maupun tidak langsung baru mencapai 26,51 persen jauh dari target. “Dikarenakan ada yang tidak bergerak atau berjalan lambat semua dikarenakan masalah tadi,” jelasnya.

Dalam Rapat Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), lanjut Juman, aka nada pengembalian terkain normalisasi anggaran yang terjadi tersebut. Yang mana menurut dia normalisasi anggaran yang dilakukan untuk hal yang sangat penting.

“Normalisasi ini sangat pening. Tidak ada maksud untuk menambah-nambah kegiatan,” tegasnya.

Yang mana berdasarkan hasil realisasi fisik dan keuangan APBD Keuangan Kabupaten, Kota Se-Kalimantan Tengah per 30 Juni 2020, Kabupaten Pulpis berada di tiga terakhir atau urutan 12 dari 13 Kabupaten, Kota. (Jar/LensaKalteng.com)

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
%d blogger menyukai ini: