Ini Instruksi Bupati Untuk Kades Hadapi Karhutla

Ini Instruksi Bupati Untuk Kades Hadapi Karhutla

Lensakalteng.com, PULANG PISAU – Dalam upaya mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla). Bupati Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) Edy Prat

Warga Diminta Patuhi Protokol Kesehatan
Edy Ajak Masyarakat Sukseskan Pilkada
Disnakertrans Pulang Pisau Melaksanakan Kegiatan Kewirausahaan Kejuruan Tata Boga 2020

Lensakalteng.com, PULANG PISAU – Dalam upaya mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan lahan (Karhutla). Bupati Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) Edy Pratowo menginstruksikan agar seluruh Kepala Desa (Kades) di Bumi Handep Hapakat agar mempersiapkan personel dan peralatan.

“Dalam pencegahan Karhutla ini, kami harap seluruh Kades agar melakukan upaca pencegahan di wilayah masing-masing dengan memaksimalkan Alokasi Dana Desa (ADD),” harapnya, Senin (17/8).

Sehingga demikian, Bupati mengharapkan agar hal tersebut menjadi perhatian serius Kades dan apabila terjadi Karhutla yang hebat ditambah tidak adanya kesiapan dari Desa mengakibatkan menjerit ke Kabupaten.

Tidak hanya itu, upaya yang dilakukan dalam pencegahan Karhutla selama ini jangan sampai menjadi stigma, sehingga hanya pasrah ketika terjadinya Karhutla. Terlebih sejumlah desa telah banyak melakukan kerjasama dalam hal pemanfaatan hutan dan lahan.

“Sejumlah desa banyak melakukan kerjasama, baik pemanfaatan lahan rawan kebakaran menjadi lokasi ternak sapi sedangkan lahan hutan dijadikan tempat mencari madu dan banyak hal lainnya,” ucap Edy Pratowo.

Oleh karena itu, ia mengingatkan agar Pemerintah Desa dapat memaksimalkan pencegahan dan edukasi kepada masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan, sehingga dengan koordinasi ke Kabupaten apabila terjadi karhutla bisa diantisipasi agar api tidak meluas.

“Yang penting saat ini bagaimana kita memberikan edukasi ke masyarakat agar tidak membakar hutan dan lahan dan memaksimalkan dalam hal pencegahan,” imbuhnya. (Jar/Lensakalteng.com)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
%d blogger menyukai ini: