Seluas 59 Persen Lahan Gambut di Pulpis Rentan Karhutla

Seluas 59 Persen Lahan Gambut di Pulpis Rentan Karhutla

  Lensakalteng.com, PULANG PISAU – Bupati Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) Edy Pratowo mengungkapkan bahwa luasa wilayah sebanyak 59 Persen lah

Pj Sekda Harapkan Angka Stunting Turun
Sinergi Hadapi Karhutla
Presiden Pastikan Food Estate Dimulai

 

Lensakalteng.com, PULANG PISAU – Bupati Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) Edy Pratowo mengungkapkan bahwa luasa wilayah sebanyak 59 Persen lahan gambur di Bumi Handep Hapakat rentan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

“Untuk di wilayah kita sendiri memiliki 59 persen lahan gambut yang menjadi ancaman kebakaran dan tentunya apabila terjadi kita tidak bisa berbuat apa-apa. Ini jangan sampai menjadi stigma diwilayah kita,” ujarnya.

Dengan demikian, Bupati mengajak seluruh pihak yang ada di Pulpis untuk bersama-sama mengantisipasi agar Karhutla bisa dicegah. Yang mana kejadian kebakaran yang terjadi pada tahun sebelumnya mengakibatkan gangguan kesehatan, sehingga tahun selanjutnya bisa dihindari.

“Tentunya dengan adanya dukungan dan perhatian semupiah untuk pencegahan bisa dilakukan. Dan kita juga melakukan langkah-langkah yang terbaik dengan pengelolaan dana desa dan alokasi dana desa di daerah rawan kebakaran,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan upaya kebijakan pemerintah pusat melalui kebijakan daerah dengan peraturan Bupati tentang pemanfaatan anggaran untuk mengatasi Karhutla. Sehingga dengan sinergi semua pihak dan dukungan masyarakat masalah arhutala dapat dicegah dan ditangani dengan baik. (Jar/Lensakalteng.com)

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: