Disbudpar Pulang Pisau Laksanakan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata

Disbudpar Pulang Pisau Laksanakan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata

KEGIATAN: Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata di Aula Bappedalitbang, Rabu (07/10/2020). LENSAKALTENG.com - PULANG PISAU - Dinas Kebudayaan dan P

Bansos PKH Bantu Masyarakat
Taty Optimis Sarana dan Prasarana Food Estate Bertahap Dipenuhi
Dinas Pertanian Terapkan Program Brigade

KEGIATAN: Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata di Aula Bappedalitbang, Rabu (07/10/2020).

LENSAKALTENG.com – PULANG PISAU – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Pulang Pisau laksnakan pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata di Aula Bappedalitbang, Rabu (07/10/2020).

Sekitar 40 peserta dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dari empat kecamatan mengikuti pelatihan tata kelola destinasi wisata tersebut. Pelatihan berlangsung selama tiga hari pada (07-09/10/2020).

Hadir dalam pelatihan itu Kepala Dinas Budpar Provinsi Kalteng diwakili Kabid Pengembangan Destinasi Wisata, Dosen Universitas Palangka Raya (UPR), dan Wakil Ketua DPD Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kalsel.

“Kegiatan tersebut diikuti 40 peserta dari Pokdarwis dari Kecamatan Banama Tingang, Kecamatan Kahayan Tengah, Kecamatan Jabiren Raya dan Kecamatan Kahayan Hilir sebagai  Pelaku Usaha Pariwisata dan masyarakat di daerah destinasi pariwisata di Pulpis,” ungkap Plt Kepala Disbudpar Pulang Pisau, Osa Maliki, Rabu (07/10/2020).

Disampaikan Osa, pelatihan tata kelola destinasi pariwisata tahun 2020 ini merupakan lanjutan dari pelatihan sebelumnya, sebagai  langkah penting dilakukan dalam mengelola destinasi untuk  memasuki era adaptasi kebiasaan baru dan menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah matarantai penyebaran Covid-19 tersebut.

“Untuk memberikan pengetahuan, pemahaman dan wawasan bagaimana mengembangkan destinasi pariwisata yang ada di Kabupaetn Pulang Pisau,” terangnya.

Menurut dia, Kabupaten Pulang Pisau memiliki banyak potensi yang sangat layak dikembangkan baik Wisata Alam, Wisata Budaya, Wisata Religi, Wisata Bahari maupun Wisata Buatan.

“Dari itu untuk mengembangkan potensi wisata tersebut diperlukan peran serta pemerintah daerah, seluruh pemangku kepentingan, masyarakat serta diperlukan dukungan sarana  dan prasarana yang memadai,” ungkapnya.

Ditambahkan Osa, melalui pelatihan ini, diharapkan kualitas tata kelola destinasi pariwisata dan kapasitas masyarakat dapat  ditingkatkan, guna mewujudkan dan mengembangkan kawasan strategis pembangunan pariwisata di Kabupaten Pulang Pisau, serta berupaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang mampu dan mandiri.

Karena pelatihan ini bertujuan untuk menambah ilmu, wawasan serta kemampuan manajemen SDM dalam mengelola dan mengembangkan objek wisata. Sehingga dapat memberikan pelayanan yang prima bagi wisatawan lokal dan manca negara.

“Narasumbernya Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Budpar Provinsi Kalteng, Dosen Fisif UPR Bhayu Rhama, dan Wakil Ketua DPD HPI Kalimantan Selatan Antonius Panggabean,” tutupnya.(FJR)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
%d blogger menyukai ini: