Legislator Ingatkan Pentingnya Imunisasi

Legislator Ingatkan Pentingnya Imunisasi

lensakalteng.com - PALANGKA RAYA - Wakil Ketua II Komisi C DPRD Palangka Raya Shopie Ariany mengingatkan para orangtua, akan pentingnya melakukan im

Kota Layak Anak Bisa Terwujud Asal Didukung Banyak Pihak
Dewan Meminta Dinas Terkait Pantau Ketersediaan Pangan
Kapolda Ingin Kualitas Polwan Kalteng Setara Tiga Polwan Biasa

lensakalteng.com – PALANGKA RAYA – Wakil Ketua II Komisi C DPRD Palangka Raya Shopie Ariany mengingatkan para orangtua, akan pentingnya melakukan imunisasi kepada anak-anaknya.

Pasalnya, apabila tidak melakukan imunisasi, maka virus dan bakteri yang berkembang akan semakin masif. Hal itu dikarenakan kekebalan tubuh tidak dibangun. Apalagi bagi anak-anak di bawah umur lima tahun yang nota bene masih dalam tahap proses pengembangan atau daya tahan tubuhnya belum sepenuhnya terbentuk. Maka perlu diberikan imunisasi.

“Anak-anak diusia lima tahun ini sangat rentan terpapar virus. Terutama melalui aktivitas yang mereka lakukan. Maka itu imunisasi wajib diberikab sebelum sang anak memasuki usia lima tahun,” jelas Shopie, Senin (5/10/2020).

Lebih lanjut srikandi dari Partai Perindo ini mengatakan, terpenuhinya imunisasi bagi anak, maka secara tiidak langsung akan membuat orang tua lebih yakin akan kesehatan anak-anaknya.

Sementara itu, manfaat serta tujuan memberikan imunisasi bagi anak adalah, agar imunitas tubuh si anak lebih aman dan efektif, kekebalan komunitas tubuh. Termasuk pertimbangan finansial, dan langkah menyelamatkan generasi masa depan, serta lain sebagainya.

“Orangtua tidak perlu takut untuk membawa anaknya ke Puskesmas.Terpenting perhatikan protokol kesehatan. Gunakan alat pelindung seperti masker atau pun facesheild, mengingat kondisi masih pandemi covid-19,” tandas Shopie.

Adapun dalam bagian lain sambung dia, masyarakat harus bisa membedakan istilah dari vaksin dan imunisasi. Pasalnya, kedua istilah ini kerap disamakan meski sebenarnya memiliki makna berbeda.

Vaksinasi yaitu sebuah proses pemberian vaksin, bisa melalui oral atau suntik demi meningkatkan kekebalan tubuh melawan penyakit tertentu. Zat yang dimasukan dengan maksud melemahkan bakteri atau virus yang ada di dalam tubuh.

Sedangkan Imunisasi, adalah proses yang terjadi di dalam tubuh manusia hingga memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit.

“Kembali terkait imunisasi yang diberikan kepada anak, tidak lain agar anak menjadi generasi masa depan yang tangguh.Jadi jangan sepelekan pentingnya imunisasi,” pungkasnya. (sas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
%d blogger menyukai ini: