Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula

lensakalteng.com - PALANGKA RAYA - Menyambut pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak, untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) K

Penerima Bantuan Iuran BPJS Jangan Khawatir di Non Aktifkan
Waspadai Beredarnya Gula Rafinasi di Palangka Raya
HUT Pemerintah Kota ASN Diharapkan Mampu Bekerja profesional

lensakalteng.com – PALANGKA RAYA – Menyambut pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak, untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Kateng pada 9 Desember 2020 mendatang, Maka partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya sangat diharapkan.

Sejalan dengan itu, anggota Komisi A DPRD Palangka Raya, Noorkhalis Ridha mendorong pihak terkait. Terutama Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota setempat, untuk lebih gencar meningkatkan partisipasi pemilih. Salah satu sasaran yakni para pemilih pemula.

Menurutnya, pemilih pemula saban tahunnya tidak sedikit. Ada begitu banyak anak-anak muda yang mencapai usia dewasa atau sudah memiliki hak pilih.

“Ini harusnya bisa dimanfaatkan oleh KPU, untuk bisa menarik minat mereka dalam menggunakan hak pilihnya dalam pemilu,” cetusnya, Jumat (2/10/2020).

Dikatakan, banyak cara yang bisa dilakukan dalam memaksimalkan sosialisasi pemilu kepada anak-anak muda. Baik melalui berbagai media massa maupun media sosial atau pun sumber informasi digital lainnya.

Begitupun materi yang diberikan bisa beragam. Mulai dari dari jadwal pelaksanaan pilkada, cara mencoblos surat suara, pentingnya menjadi pemilih cerdas dengan cara memahami visi-misi, program, dan rekam jejak calon peserta pemilu, menjadi pemilih berdaulat, dan beberapa hal penting lainnya.

“Pemilih pemula ini perlu didorong untuk antusias datang ke tempat pemungutan suara, guna memilih calon-calon pemimpin sesuai dengan aspirasinya,” cetus Ridha.

“Selain mengajak mereka agar tidak golput, disisi lain mereka diingatkan tidak termakan ajakan politik uang. Sekaligus mengajak mereka agar bisa memilih dengan hati nurani masing-masing,” pungkas Ridha. (sas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: