Waspada Penyakit Endemik di.Musim Hujan

Waspada Penyakit Endemik di.Musim Hujan

lensakalteng.com - PALANGKA RAYA - Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Anna Agustina Elsye meminta warga kota setempat, untuk bersiap menghadapi pe

Jangan Lengah, Jalankan Prokes
Tidak Semestinya Petugas Berikan Sanksi Push Up
Palangka Raya Memasuki Zona Orange, Tetap Disiplin Jalankan Prokes

lensakalteng.com – PALANGKA RAYA – Anggota Komisi C DPRD Palangka Raya, Anna Agustina Elsye meminta warga kota setempat, untuk bersiap menghadapi peralihan musim penghujan. Dimana pada musim itu wabah nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD), kerap menyerang warga.

“Mari bersihkan pekarangan rumah masing-masing agar pemukiman terhindar dari bahaya wabah penyakit endemik musim hujan, seperti DBD dan malaria,” ajaknya, Minggu (4/10/2020).

Dalam beberapa hari terakhir ini sambung Anna, intensitas hujan yang mengguyur Kota Palangka Raya dan sekitarnya cukup tinggi. Oleh sebab itu, masyarakat harus bisa mengimbangi perubahan musim dengan membiasakan pola hidup sehat dan bersih.

Disisi lain imbuh legislator perempuan dari Partai Gerindra ini, masyarakat harus mewaspadai penyebaran penyakit endemik, yakni adanya pembiakan nyamuk.

Masyarakat harus proaktif mengamankan wadah yang berpotensi jadi penampungan air hujan di sekeliling rumahnya. Dengan begitu jentik nyamuk DBD dan malaria tidak bisa berkembang biak disekitar pemukiman.

Bersihkanlah sampah yang berserakan dan rumput yang tinggi. Termasuk membersihkan drainase dilingkungan tempat. Dengan begitu nyamuk tidak dapat bersarang dan membahayakan masyarakat, khususnya anak-anak.

“Kalau bukan kita, siapa lagi yang bergerak untuk menanggulangi hal ini,” katanya.

Dalam bagian lain Anna meminta Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, untuk terus memberikan sosialisasi mengenai peningkatan bahaya-bahaya wabah nyamuk DBD dan malaria yang biasanya datang pada musim penghujan.

“Saya harapkan instansi terkait gencar melakukan sosialisasi mengenai bahaya wabah endemik yang kerap muncul saat musim penghujan. Dengan begitu tidak ada warga yang menjadi korban akibat dampaknya,” pungkas dia. (sas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
%d blogger menyukai ini: