KPM Tak Ada Di Desa, Pemdes Timpah Kembalikan BLT APBD Rp 4.200.000

KPM Tak Ada Di Desa, Pemdes Timpah Kembalikan BLT APBD Rp 4.200.000

FOTO: Budi Santoro (kanan) saat menyerahkan berkas pengembalian BLT APBD 2020 kepada  Kepala Dinas Sosial Kapuas Budi Kurniawan, Senin siang. LENSA

Legislator Ini Apresiasi Jembatan Muara Anjir Rampung
Investor Masuk, Pjs Bupati Segera Optimalkan Perusahaan Daerah
Peresmian Sekretariat Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kapuas

FOTO: Budi Santoro (kanan) saat menyerahkan berkas pengembalian BLT APBD 2020 kepada  Kepala Dinas Sosial Kapuas Budi Kurniawan, Senin siang.

LENSAKALTENG.com – KUALA KAPUAS – Pemerintah Desa (Pemdes) Timpah Kecamatan Timpah Kabupaten Kapuas mengembalikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) APBD Tahun 2020, Rp 4.200.000. Pengembalian ini dilakukan lantaran Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sudah pindah alamat dan tidak bisa dihubungi.

Kepala Desa (Kades) Timpah, Budi Santoro mengatakan, pada penyaluran tahap I ada 4 KPM yang tidak mengambil BLT dengan nilai masing-masing Rp 600.000. Kemudian tahap II ada 6 KPM dengan nilai masing-masing Rp 300.000.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka Pemdes Timpah mengambil langkah dengan mengembalikan dana tahap I itu ke Bendahara Dinas Sosial Kabupaten Kapuas. Sedangkan tahap II  dikembalikan ke Kas Daerah (BPKAD) melalui Bank Kalteng.

“Total yang dikembalikan, tahap pertama dan kedua sebesar Rp 4.200.000 dengan berita acara pengembalian oleh Pemdes Timpah dan diketahui Oleh Camat Timpah,” kata Budi Santoro kepada sejumlah awak media, Senin (21/12/2020).

Kades Timpah juga menjelaskan alasan pengembalian dana BLT tersebut. Karena sampai batas waktu yang ditentukan, selama 15 hari dari mulai tanggal disalurkan, KPM tidak mengambil BLT. Sehingga Pemdes Timpah mengembalikan BLT kepada Pemkab Kapuas.

“Sebelum pengembalian ini, kami telah mengecek keberadaan para penerima BLT. Mereka ternyata sudah pindah, sebagian lagi bekerja di daerah lain dan sudah lama tidak kembali ke Desa Timpah. Semuanya ada bukti dan tertera bukti-bukti pengembaliannya,” jelasnya.(ONO)

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
%d blogger menyukai ini: