Jangan Kesampingkan Fokus Pulihkan Ekonomi Akibat Covid-19 di Barsel

Jangan Kesampingkan Fokus Pulihkan Ekonomi Akibat Covid-19 di Barsel

FOTO : Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Barito Selatan, Nurul Hikmah. lensakalteng.com - BUNTOK - Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Barito Selatan, Nu

Pemerintah Kalimantan Tengah Sambut Kunjungan Dubes Kerajaan Belanda
Pemprov Kalteng Kunjungi Sentra Pelayanan Pertanian Padi Terpadu Desa Belanti Siam
Ben-Ujang Resmi Daftar di KPU

FOTO : Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Barito Selatan, Nurul Hikmah.

lensakalteng.com – BUNTOK – Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Barito Selatan, Nurul Hikmah meminta kepada Pemerintah Daerah setempat agar tidak hanya melaksanakan pembangunan infrastruktur tapi juga fokus laksanakan pemulihan sektor ekonomi.

Disampaikan oleh Nurul, mengingat saat ini Bupati Eddy Raya Samsuri berada di penghujung masa pemerintahannya, sudah semestinya ia memfokuskan pemulihan ekonomi masyarakat apalagi pandemi virus Corona (Covid-19) belum juga ada kepastian kapan akan berakhir.

“Agaknya ini (pandemi) lebih hebat lagi nih, jadi pemerintah daerah harus memfokuskan pemulihan ekonomi terdampak Covid-19,” tukas politisi PPP tersebut di Kantornya, Selasa (26/1/2021).

Ia meminta agar pemerintah tidak hanya memprioritaskan pembangunan di bidang infrastruktur saja.

Pasalnya, akibat pandemi yang sangat panjang, saat ini masyarakat sangat membutuhkan pemulihan di sektor ekonomi supaya bisa tetap bertahan.

“Yang pasti, kita jangan lagi skala prioritas itu di infrastruktur, kayanya itu sudah terlalu kebanyakan. Jadi saatnya UMKM yang harus ditingkatkan lagi, bagaimana caranya agar program itu menyentuh langsung kepada masyarakat,” terang Nurul.

“Jangan hanya memberikan jalan, sarana prasarananya, tapi masyarakatnya masih dalam garis kemiskinan,” imbuhnya lagi.

Untuk memenuhi target percepatan perbaikan ekonomi tersebut, Nurul menyarankan supaya pemkab lebih meningkatkan bantuan yang mendorong produktivitas masyarakat, baik itu di bidang peternakan, pertanian, ataupun perikanan dan lain sebagainya.

“Yang lebih efektif itu misalnya beri bantuan peternakan. Yang di pinggir sungai kasih (komiditas) pinggiran sungai, yang di daratan kasih ternak yang bisa mereka kelola di daratan,” sarannya.

Hal tersebut, diyakininya mampu memberikan dampak yang lebih besar kepada masyarakat guna pemulihan ekonomi yang lebih cepat.

“Supaya ekonomi bisa bangkit, karena semuanya terimbas (Covid-19) ini,” ucap Nurul.

Lebih lanjut, ia meyakini bahwa apabila bantuan disalurkan dengan baik dan tepat sasaran, maka perbaikan ekonomi akan lebih cepat tercapai.

“Bantuan itu sifatnya hanya sekali, tapi kita berikan tepat sasaran. Kita beri ‘pancingnya’ jangan kita beri uangnya,” sebutnya.

“Jangan cuma sarana prasarana, itu sudah lewat itu. Kalau itu sudah bagus Pemda, sekarang itu yang penting adalah pemulihan ekonomi masyarakatnya,” pungkas Nurul. (aga/H)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
%d blogger menyukai ini: