Responsif Tangani Kasus Pelecehan Anak, Komnas PA Beri Penghargaan Kepada Polres Kapuas

Responsif Tangani Kasus Pelecehan Anak, Komnas PA Beri Penghargaan Kepada Polres Kapuas

FOTO: Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti SIK saat menerima penghargaan yang diberikan Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait, diisaksikan Bupati Kapuas

Banjir Masih ‘Hantui’ Masyarakat Barito Selatan
Kemendikbud Bakal Bantu Internet Gratis
Kesadaran Urus Akta Kematian Cenderung Minim

FOTO: Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti SIK saat menerima penghargaan yang diberikan Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait, diisaksikan Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat dan Kepala Kejaksaaan Negeri Kapuas Arif Raharjo SH, Jumat pagi (08/01/2021).

LENSAKALTENG.com – KUALA KAPUAS – Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) berikan penghargaan kepada Polres Kapuas di Mapolres Kapuas pada Jumat pagi (08/01/2021). Karena sangat responsif dalam menangani kasus pelecehan dan kekerasan seksual terhadap anak.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait kepada Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti SIK, Wakapolres Kompol Iqbal Sengaji SIK, Kabag Ops Kompol Asdini Pratama Putra SIK, AKP Kristanto Situmeang SIK dan Kanit PPA Aipda Maliana Sri Wahyuni.

“Penilaian ini bukan masalah jumlah kasus dan penyelesaian kasusnya, tetapi berdasarkan kerja cepatnya yang kami nilai, karena Kapolres dan jajarannya 1 kali 24 jam bisa menindaklanjuti laporan kasus pelecehan terhadap anak,” kata Ketua Komnas PA Arist Merdeka Sirait didampingi Sekjen Komnas PA Danang Sasongko dan beberapa komisioner.

Arist Merdeka Sirait menegaskan, pemberian penghargaan yang setinggi-tinggi kepada Kapolres Kapuas dan jajaranya itu merupakan harapan, yang bisa mencegah pelecehan seksual terhadap anak. Karena kinerja yang seperti itu bisa memutuskan mata rantai kejahatan seksual terhadap perempuan dan anak.

“Harapan kita juga, ini pintu untuk terus mensosialisasikan PP Nomor 70 Tahun 2020 tentang Penerapan Kebiri Kimia untuk Pelaku Kekerasan Seksual. Apalagi kasusnya seperti yang dibilang Pak Kapolres tadi, kami anggap perbuatan yang abnormal terhadap anak,”ujarnya.

Sebelumnya, Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti SIK menyampaikan terima kasih kepada Komnas PA. Penghargaan itu dia harapkan bisa menjadi motivator untuk terus intensif melindungi anak-anak dari kejahatan dan kekerasan seksual.

“Saya juga minta Bapak Bupati Kapuas dan stakholder lainnya terus mendukung untuk mendorong kinerja kami,” kata Manang Soebeti seraya menyebutkan satu contoh kasus yang ditangani, yakni seorang paman melakukan pelecehan seksual dengan kemenakan, modus operandinya ekonomi, pelaku mengiming-imingi uang jajan.(ONO)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: