Ketua TP-PKK Pulang Pisau Sebut Desa Belanti Siam Menyimpan Potensi Wisata Menjanjikan

Ketua TP-PKK Pulang Pisau Sebut Desa Belanti Siam Menyimpan Potensi Wisata Menjanjikan

LensaKalteng.com - PULANG PISAU - Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah yang sekarang ini m

Kanit Binmas Polsek Kahayan Tengah Sosialisasi Kamtibmas
Penambahan Pasien Positif Covid-19 Satu Orang Di Kabupaten Pulang Pisau
Bawa Senjata Tajam Kurai Ditangkap Polisi

LensaKalteng.com – PULANG PISAU – Desa Belanti Siam, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah yang sekarang ini menjadi lokasi program strategis nasional, yakni kawasan Food Estate, ternyata juga menyimpan sejumlah potensi lainnya yang cukup menjanjikan, salah satunya menjadikan kawasan tersbut sebagai tempat destinasi wisata alternatif.

Hal ini seperti disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pulang Pisau, Hj. Nunu Andriani Pratowo, saat memimpin kegiatan sosialisasi pengembangan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan Administrasi Pokja II, di Desa Belanti Siam, Kamis (25/2/2021).

Lebih lanjut, Hj. Nunu mengatakan bahwa Desa Belanti Siam, memiliki hasil pertanian berupa produk beras yang memiliki kualitas cukup baik. Dan, diharapkan pula kedepannya bisa menjadi lumbung Padi Pulang Pisau, sekaligus pula sebagai lumbung ketahanan pangan nasional.

Potensi Desa Belanti Siam, hendaknya juga bisa dioptimalkan, yakni tidak hanya sebagai kawasan pertanian, melainkan juga menjadikan kawasan tersebut sebagai tempat destinasi wisata alternatif.

“Hamparan padi yang ada di kawasan tersebut, ditambah lagi dengan pemandangannya yang asri yang bisa memanjakan mata, maka tidak ada salahnya jika saya menyarankan untuk bisa dipertimbangkan, agar kawasan ini bisa menjadi tempat destinasi wisata alternatif,” ujarnya.

Adanya kondisi demikian, maka sangat lah cocok untuk sekiranya potensi wisata di kawasan tersebut juga dikembangkan.

Hanya saja, masih diperlukan sejumlah penataan agar bisa lebih menarik lagi, dan memberikan kenyamanan dan daya tarik bagi para wisatawan, baik itu wisatawan lokal nasional bahkan mancanegara.

Penataan yang dimaksudkan itu, misalnya di saluran irigasi bisa dibuatkan gazebo atau gubuk kecil sebagai tempat beristirahat.

Lalu, pada saluran irigasi itu dijadikan sebagai tempat budidaya ikan yang sesuai dengan kondisi air di sana. Jadi saat beristirahat, para pengunjung/wisatawan bisa sembari melihat pemandangan dan memberi pakan ikan.

Hal lainnya, mengingat disana juga memiliki produk beras khas desa setempat, yang mana masyarakat pun bisa membuat semacam warung makan yang menyajikan hidangan makanan atau kudapan khas tradisional yang menggugah selera, sehingga akhirnya pengunjung/wisatawan dapat semakin betah dan nyaman, sembari menyantap makanan di tengah persawahan dengan semilirnya hembusan angin.

“Saya sangat berharap, kawasan food estate ini juga bisa dijadikan destinasi wisata. Terlebih, mengingat hamparan padi yang luas bisa menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan,” katanya lagi.

Ujarnya, Destinasi wisata itu bisa dibuka setiap akhir pekan atau pada hari libur. Sehingga bisa menjadi alternatif masyarakat perkotaan untuk berlibur atau mencari suasana sejuk di perdesaan.

Sambung Hj. Nunu menuturkan bahwa TP-PKK Pulang Pisau memiliki andil besar untuk pengembangan UP2K yang ada di Desa Belanti Siam dan desa sekitarnya. Seperti, mendukung pengolahan dan pengemasan beras, telor asin, rempeyek dan olahan lokal lainnya juga

“Sehingga, dengan demikian perekonomian khususnya untuk masyarakat di lokasi sekitar akan ikut bertumbuh. Tidak hanya pada sektor pertanian, tapi juga sektor pariwisata yang mana harapannya bisa mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat yang ada di sekitar area tersebut.” tutupnya. (YD) 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: