Kapuas

Musrenbang Kecamatan Kapuas Hulu 2021, Camat Iangatkan Pemdes Anggarkan BLT

FOTO: Camat Kapuas Hulu Bambang SE saat menyampaikan sambutannya di Aula Kecamatan Kapuas Hulu, Senin (22/2/2021).

LENSAKALTENG.com – KUALA KAPUAS – Semua Pemerintahan Desa (Pemdes) agar menganggarkan dana untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT),  pencegahan covid-19 dan stunting.

Hal ini disampaikan Camat Kapuas Hulu Bambang SE dalam kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Kapuas Hulu tahun 2021 di Desa Sei Hanyu, Senin (22/2/2021).

Bambang menegaskan, hal itu berdasarkan Permendes Nomor 13 Tahun 2020, agar Kepala Desa (Kades) yang ada di Kecamatan Kapuas Hulu terus menganggarkan dana desa (DD) untuk BLT.

“Sesuai dengan amanat Permendes Nomor 13 Tahun 2020 bahwa BLT DD akan terus digelontorkan, kepada penerima manfaat yang benar-benar memerlukan,”kata Camat Kapuas Hulu.

Selain itu, DD dianggarkan untuk penanganan dan pencegahan Covid-19. Pembinaan warga desa dalam alih kebiasaan hidup baru (New normal). Juga untuk penyediaan tempat cuci tangan dan biaya transportasi petugas kesehatan dalam mengawal pasien terindentifikasi Covid-19.

“Dengan penyediaan tempat-tempat cuci tangan di desa, di lokasi strategis juga dapat menurunkan angka sunting,”jelas Bambang.

Dia menyebutkan, dalam pencegahan stunting perlu dibangun infrastruktur seperti pengadaan sarana air bersih dan pengadaan MCK yang lebih higienis.

“Jangan terus menerus menekan semenisasi jalan desa,”tegasnya.

Adapun dalam Musrenbang Kecamatan Kapuas Hulu tersebut, dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Dari kesimpulan akhir musyawarah, ada beberapa usulan prioritas, yakni bidang perumahaan dan pemukiman, infrastruktur, pelayanan dasar, ekonomi dan pemberdayaan, serta administrasi pemerintahan.

Sementara itu yang hadir, perwakilan Pemerintah Kabupaten Kapuas, Asisten III Idie I Gaman, Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Dapil III Kanedi dan Berinto, beberapa perwakilan SOPD, Kades se Kecamatan Kapuas Hulu, unsur Tripika dan tokoh masyarakat setempat. (ONO)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: