Pemerintah Desa Pujon Pertanyakan Usulan Pembangunan Fasilitas Terminal Desa

Pemerintah Desa Pujon Pertanyakan Usulan Pembangunan Fasilitas Terminal Desa

FOTO: Kades Pojun Nopitro saat menunjuk lokasi eks lapangan sepak bola di Desa Pojun Kecamatan Kapuas Tengah yang diusulkan dijadikan terminal bongkar

Pria 53 Tahun Tewas Terbakar
2021, Distrans Kapuas Programkan Transmigrasi Seluas 200 Ha Di Palingkau Sejahtera
KPU Kapuas Lantik Anggota PPK DAN PPS 9 Kecamatan

FOTO: Kades Pojun Nopitro saat menunjuk lokasi eks lapangan sepak bola di Desa Pojun Kecamatan Kapuas Tengah yang diusulkan dijadikan terminal bongkar muat.

LENSAKALTENG.com – KUALA KAPUAS – Kepala Desa (Kades) Pojun Kecamatan Kapuas Tengah Napitro ST mengharapkan eks lapangan sepak bola Pojun dibangun terminal bongkar muat, Kamis (18/2/2021). Karena belum ada kejelasaan sampai saat ini, maka rencana usulan itu dipertanyakan kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas. 

Kades Pojun menjelaskan, selama ini eks lapangan sepak bola itu kini hanya dijadikan sebagai tempat parkir dan bongkar muat barang saja. Padahal bisa dibangun terminal dan dikelola oleh pemerintah desa.

“Setidaknya kalau lokasi dapat dipinjamkan atau asetnya diserahkan ke desa untuk dikelola, menjadi sebuah terminal angkutan baik itu perdesaaan maupun antar kabupaten,”kata Nopitro.

Dengan demikian, tambahnya, bisa ditarik restribusi dari pengelolanya. Kedmuian hasilnya dijadikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Desa.

Dia mengaku pada 2019 dari Dinas Perhubungan Provinsi sudah pernah meninjau lokasi. Bahkan berkoordinasi dengan pemerintah Kecamatan Kapuas Tengah.

“Jadi kami tindak lanjuti dengan melayangkan surat dan profosal ke Dinas Perhubungan Kabupaten Kapuas untuk dapat merealisasikan keinginan kami, namun sampai saat ini belum ada jawaban,”ujarnya.

Dijelaskannya, pihak kecamatan sudah merespon keinginan Pemerintah desa. Pemerintah Kecamatan Kapuas Tengah sangat setuju agar eks lapangan sepak bola itu dikelola oleh desa. Tetapi lokasi itu adalah aset kabupaten, maka perlu persetujuan dari Pemerintah Kabupaten Kapuas.(ONO) 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: