Pemkab PULPIS Gelar Rakortas-RANHAM 2021

LensaKalteng.com - PULANG PISAU - Dalam rangka memberikan pemahaman kepada Aparatur Pemerintah tentang konsep pelaksanaan Hak Asasi Manusia (H

Distan Pulang Pisau Memberikan Pendampingan Kepada Petani Padi Musim Tanam
Mantan Ketua KNPI Pulpis Sidang Perdana
Kecelakaan Maut Diruas Jalan Kurun Satu Orang Meninggal

FOTO: Kegiatan Rapat Koordinasi Terbatas Rencana Aksi Hak Asasi Manusia (Rakortas-RANHAM) Tahun 2021 di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, Senin (12/4/2021).

LensaKalteng.com – PULANG PISAU – Dalam rangka memberikan pemahaman kepada Aparatur Pemerintah tentang konsep pelaksanaan Hak Asasi Manusia (HAM) di wilayah kabupaten yang memiliki moto ‘Handep Hapakat’ menuju kearah yang lebih baik, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau menggelar Rapat Koordinasi Terbatas Rencana Aksi Hak Asasi Manusia (Rakortas-RANHAM) Tahun 2021, Senin (12/4/2021).

Kegiatan yang digelar di Aula Bappedalitbang Pulang Pisau ini, dibuka oleh Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo, S.Sos., M.M., dimana dalam kesempatan ini, diwakili oleh Asisten I Sekda Pulang Pisau H.M Syaripul Pasaribu, SE. M.Si., dan diikuti oleh sejumlah Kepala OPD dan perwakilan unsur Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau.

Dalam kesempatan itu, Asisten I Sekda Pulang Pisau H.M Syaripul Pasaribu, SE. M.Si., membacakan sambutan Bupati Pulang Pisau menyampaikan bahwa kegiatan ini sangatlah penting.

Hal ini, sebagaimana adanya ketentuan pasal 7 Ayat 1 Peraturan Presiden Republik Indonesia, Nomor 75 tahun 2015 tentang RANHAM Indonesia tahun 2015 – 2019. Dalam melaksanakan aksi HAM, kementerian, lembaga dan pemerintah daerah melibatkan peran serta masyarakat.

Dalam implementasi hak dan kebebasan, setiap orang berkewajiban tunduk dan taat, pada batasan-batasan yang telah ditentukan atau ditetapkan menurut peraturan perundang-undangan.

“Karena itu, tujuan dari kegiatan ini ialah tidak lain untuk memberikan pemahaman kepada aparatur pemerintah tentang konsep pelaksanaan HAM, sehingga meningkatkan kesadaran terhadap penghormatan, pemajuan, pemenuhan, perlindungan dan penegakkan HAM itu sendiri,” ungkap Asisten I Sekda Pulang Pisau.

Lebih lanjut, H.M Syaripul kembali menyampaikan informasi tentang aturan perundang – undangan yang mengatur tentang HAM. Diterangkannya, selain disampaikan kepada aparatur pemerintah, nantinya akan terus disampaikan kepada seluruh lapisan masyarakat.

“Dengan memberikan pemahaman konsep pelaksanaan HAM, nantinya agar bisa saling bertukar pikiran, pendapat dan pengalaman serta menyamakan persepsi dan sudut pandang perangkat daerah di lingkungan pemerintah kabupaten Pulang Pisau terkait dengan pelaksanaan program atau penilaian kabupaten/kota peduli HAM, perangkat daerah peduli HAM,” bebernya.

“Kami berhatapa, melalui penyampaian konsep ini, maka kedepannya laporan aksi HAM daerah, maupun pelaksanaan program RANHAM Tahun 2021 di wilayah Kabupaten Pulang Pisau dapat terlaksana dengan baik,” ucapnya

Sambung H.M Syaripul berharap, melalui penyampaian konsep ini, maka kedepan segala bentuk laporan aksi HAM daerah, maupun pelaksanaan program RANHAM tahun 2021 di wilayah Kabupaten Pulang Pisau, dapat terlaksana dengan lebih baik.

“Melalui kegiatan ini juga, sekaligus pula sebagai upaya mengantisipasi berbagai masalah yang timbul, terkait dengan upaya penghormatan, penghargaan, pemenuhan, perlindungan dan penegakkan HAM di wilayah Kabupaten Pulang Pisau,” katanya lagi.

Lebih dalam, Syaripul Pasaribu juga menegaskan bahwa HAM merupakan hak dan kebebasan fundamental yang melekat pada diri setiap orang yang sifatnya tetap. Tidak dapat diubah, serta tidak dapat dicabut dalam keadaan apapun.

“Dengan maksud dan tujuan untuk melindungi dan menjamin pengakuan maupun penghormatan hak dan kebebasan yang dimiliki orang lain serta untuk terpenuhinya prinsip bahwa setiap orang dilahirkan setara dalam harkat, martabat dan hak-haknya sebagai manusia,” tandasnya. (YD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: