Warga Bartim Diajak Budayakan Gemari

Warga Bartim Diajak Budayakan Gemari

Tamiang Layang – Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur kampanyekan program gemar makan ikan (GEMARI) kepada para siswa, guru dan masya

Pemuda Bartim Diminta Jauhi Narkotika
Evaluasi Pola Penarikan PBB di Bartim
Awasi Penggunaan Dana Covid-19, DPRD Bartim Bakal Bentuk Pansus

Tamiang Layang – Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur kampanyekan program gemar makan ikan (GEMARI) kepada para siswa, guru dan masyarakat luas.

“Ikan sangat bermanfaat bagi manusia, terutama anak-anak dalam masa pertumbuhan sehingga anak-anak perlu didorong untuk gemar makan ikan, oleh sebab itu juga sangat dibutuhkan peranan ibu-ibu di sini sangatlah penting karena mengurus makanan anggota keluarga setiap harinya,” kata Kadis Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, Mishael saat buka sosialisasi GEMARI di SDN 1 Dorong Kecamatan Dusun Timur, Senin (31/5/2021).

Ada beberapa alasan yang mendasar sehingga gerakan makan ikan ini perlu disebarkan luaskan kepada masyarakat Barito Timur, terutama anak-anak dan ibu-ibu, yaitu selain ikan sangat bermanfaat bagi anak-anak pada masa pertumbuhan, juga ibu-ibu berperan penting dalam mengurus kebutuhan makanan keluarga.

Lanjutnya, GEMARI merupakan gerakan moral untuk memotivasi masyarakat secara luas untuk mengonsumsi ikan secara teratur agar terbentuk manusia yang sehat, cerdas dan kuat karena ikan merupakan bahan pangan sehat yang bergizi tinggi.

“Ikan mengandung omega 3 yang cukup baik untuk kecerdasan dan mampu memenuhi kebutuhan gizi anak selama periode emas 1000 hari pertama kehidupan dan sangat baik bagi ibu pada periode persiapan kehamilan, masa hamil hingga memberikan ASI (air susu ibu),” ucapnya

Sementara Kepala Sekolah SDN 1 Dorong, Turaini menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur yang telah mempercayakan sekolah yang dipimpinnya sebagai tempat kegiatan.

“Saya atas nama pribadi dan sekolah SDN 1 Dorong menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih atas dipilihnya sekolah kami dari banyaknya sekolah yang ada di Kabupaten Barito Timur sebagai tempat kegiatan yang sangat baik ini, dengan harapan kami dengan adanya kegiatan ini sangat memberikan pemahaman bagi peserta dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan semoga kegiatan seperti ini akan terus berlanjut dimasa yang akan datang,” paparannya.

Acara Sosialisasi GEMARI dengan narasumber Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Mishael, Kepala Bidang Sapras, Data, Peningkatan SDM dan Pengolahan Perikanan Inapriani, dan Kepala Seksi Pengolahan Pemasaran Dinas Perikanan dan Peternakan Hewu Rama, ini di ikuti anak-anak didik sekolah dasar sebanyak 20 orang, guru 10 orang dan ibu-ibu dari pengurus dan anggota PPK (Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga) Kabupaten Barito Timur 10 orang ini berjalan dengan aman dan lancar. (sas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: