Antisipasi Bahaya Karhutla, PT DWK-SP-KMJ Latih Tim Damkar Dan Simulasi Masyarakat Peduli Api

Antisipasi Bahaya Karhutla, PT DWK-SP-KMJ Latih Tim Damkar Dan Simulasi Masyarakat Peduli Api

FOTO: Latihan Damkar dan simulasi masyarakat peduli api di lokasi PT DWK pada Sabtu (5/6/21). LENSAKALTENG.com – KUALA KAPUAS – Dalam mengantisipasi

Antisipasi Covid-19, Ben Brahim Rela Turun ke Jalan
Kominfo Kapuas Hadiri Rakornis Kominfosantik se Kalteng
Bupati Resmi Melepas Peserta Pawai Ta’aruf ke 43 Tingkat Kabupaten Di Palingkau

FOTO: Latihan Damkar dan simulasi masyarakat peduli api di lokasi PT DWK pada Sabtu (5/6/21).

LENSAKALTENG.com – KUALA KAPUAS – Dalam mengantisipasi bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) PT Dwie Warna Karya (DWK), PT Susantri Permai dan PT Kapuas Maju Jaya (KMJ) melaksanakan pelatihan dan simulasi masyarakat peduli api, penanggulangan bahaya Karhutla, Sabtu (5/6/2021).

Pelatihan Pemadam Kebakaran (Damkar) Karhutla berserta masyarakat peduli api ini dihadiri unsur Muspika Kecamatan Kapuas Hulu, Camat, Danramil ,Kapolsek dan Kepala Desa Sei Hanyo. Juga hadir unsur Pimpinan Region 3 PT DWK , KMJ dan SP.

“Disela-sela latihan Damkar ini, semua unsur mendampingi Kasubdit Satpam Polsus Polda Kalteng AKP Subandi mengecek perlengkapan Damkar yang ada di PT DWK,” kata Comunity Development (CD/Humas) PT DWK Erniza Lihi ED Singam dalam rilis yang dikirim ke media ini, Senin (7/6/2021).

Erniza juga menjelaskan, bahwa tujuan dilaksanakan kegiatan pelatihan Damkar ini untuk menjaga hutan, lahan dan lokasi perkebunan dari kebakaran. Sehingga diperlukan untuk meningkatkan keterampilan, anggota Personil agar lebih terorganisir.

Selain itu, personil juga mampu mengopersikan semua peralatan yang dimililiki PT DWK, KMJ dan SP. Personil tim Damkar perusahaan juga diharapkan dapat merangsang peran serta masyarakat sekitar perkebunan (Masyarakat Peduli Api) dalam mewujudkan kesiapan dalam mencegah dan menanggulangi bahaya kebakaran.

“Personil kita terdiri dari Tim DWK 10 orang, Tim KMJ 10 Orang, Tim SP 10 orang dan Masyarakat Peduli Api 5 Orang,” ujar Humas PT DWK yang karib disapa Pak Niza ini.

Lebih lanjut Niza menjelaskan, terkait dengan Karhutla, Tim Damkar perusahaan PT DWK, KMJ dan SP. Mereka bisa berperan serta membantu memadamkan api jika terjadi kebakaran di dalam kebun atau di luar kebun, dan juga di desa-desa sekitar wilayah operasional tiga perusahaan tersebut.

“Setiap hari tim patroli api selalu memantau melalui menara pantau jika adanya titik hot spot,”katanya.

Setelah itu, tambahnya, usai Tim Damkar melakukan pemadaman kebakaran. Kemudian pihak perusahaan melaporkan kejadian itu ke Kepolisian Resort terdekat di wilayah kecamatan masing-masing terkait Karhutla serta melampirkan dokumentasinya.(ONO)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: