Peringati Harlah Pancasila, Ini Ujar Ampera A.Y Mebas

Peringati Harlah Pancasila, Ini Ujar Ampera A.Y Mebas

Tamiang Layang – Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas berserta wakilnya Habib Said Abdul Saleh ikuti upacara peringatan Hari Lahir P

Apresiasi Tingginya Kesadaran Warganya Buang Sampah Pada Tempatnya
Padat Karya Jadi Salah Satu Opsi Percepat Ekonomi Desa
Terkait ‘New Normal’, Ini Ujar Wabup Bartim

Tamiang Layang – Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas berserta wakilnya Habib Said Abdul Saleh ikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual dari rumah jabatan bupati setempat, Selasa (1/6/2021).

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo mengatakan walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan, namun masih banyak tantangan yang dihadapi. Peringatan Hari Lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni harus benar-benar dimanfaatkan untuk mengkokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

“Tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan, yang harus kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antara pandangan, rivalitas antara nilai-nilai dan rivalitas antar ideologi-ideologi transnasional cenderung semakin meningkat memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi lanskap kontestasi ideologi,” ujarnya.

Beliau juga menegaskan, dengan berkembangnya teknologi dimasa kini memudahkan kita seluruh rakyat Indonesia untuk berdialog dan berinteraksi dengan mudah dan cepat, sehingga bisa digunakan oleh ideologi transnasional agar merambah ke seluruh pelosok Indonesia.

Menurut Presiden Jokowi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi ideologi. Karena itu, imbuhnya, diperlukan cara-cara baru yang luar biasa, memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama revolusi industri 4.0. Sekaligus Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan pengetahuan dan teknologi yang berteknologi Indonesia.

Sebelum mengakhiri amanatnya, beliau berpesan kepada seluruh rakyat Indonesia bersatu padu memperkokoh nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju.

“Saya mengajak seluruh aparat pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik kaum profesional generasi muda Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” pesannya.

Ditemui seusai upacara, Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas menyebut ide tentang Pancasila merupakan ide yang luar biasa yang digagas Bung Karno. Dan prosesnya pun dilakukan dengan melalui banyak perenungan, doa, dan belajar sehingga Pancasila bisa bertahan sampai sekarang menjadi ideologi Indonesia.

“Nah, sekarang waktunya bagi kita untuk bagaimana sejarah bisa menjadi pelajaran bagi kita dimasa sekarang. Pancasila harus menjadi penyemangat dan pemersatu bagi kita dalam membangun Indonesia, termasuk warga Kabupaten Barito Timur,” ujar bupati.

“Sebagaimana arahan Presiden, bahwa sekarang adalah era teknologi. Bagaimana teknologi yang berke-Indonesia inilah yang memacu kita berkerja agar teknologi ini bisa berguna bagi pembangunan Indonesia, khususnya di Kabupaten Barito Timur,” pungkasnya. (sas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: