Sejumlah POKMASWAS di Bartim Dikukuhkan

Sejumlah POKMASWAS di Bartim Dikukuhkan

  Tamiang Layang – Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah, bersama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan (Disperk

Ini Harapan Bupati Ampera Kepada Polri
Ini Tujuan Validasi Data Penerima BST di Bartim
Rencana Vaksinasi Covid-19, Ini Respon Bupati Bartim

 

Tamiang Layang – Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Provinsi Kalimantan Tengah, bersama dengan Dinas Perikanan dan Peternakan (Disperkan) Kabupaten Barito Timur, melaksanakan mengukuhkan Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Kabupaten Barito Timur di Aula Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, Selasa (22/6/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadislutkan Provinsi Kalimantan Tengah, yang diwakili oleh Kabid Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Ir. Hj. Rasifahani, M.Si, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, Mishael, S.Pi, SE., MM, Kabid Perikanan Noveta Wijanti, S.Pi., MM.

Dalam arahannya Kadislutkan Propinsi Kalteng yang dibacakan oleh Kabid PSDKP bahwa pembentukan, tugas dan fungsi Pokmaswas dalam rangka melaksanakan Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor KEP.58/MEN/2021 tentang Tata Cara Pelaksanaan SISMASWAS dalam Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan adalah membantu pengawasan dengan melakukan pemantauan, mendengar dan melaporkan apabila ada tindakan pelanggaran perikanan ke aparat hukum.

Disisi lain Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur, Mishael dalam sambutannya menyampaikan sangat mengapresiasi atas dilaksanakannya pengukuhan Pokmaswas yang ada di Kabupaten Barito Timur, sekaligus mengharapkan agar Kelompok Masyarakat Pengawas ini dapat melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik.

“Saya mengapresiasi atas dikukuhkannya Pokmaswas di Kabupaten Barito Timur, dan diharapkan kelompok ini dapat bekerja dengan baik, karena Pokmaswas merupakan mitra dan ujung tombak di lapangan dalam membantu pemerintah dalam pengawasan pemanfaatan sumber daya perikanan yang ada, menjadi jembatan pengawasan bagi pemerintah dan aparat penegak hukum,” kata Kadis Perkan Misahael.

Jumlah Pokmaswas di Kabupaten Barito Timur, yang dikukuhkan dalam kegiatan kali ini ada berjumlah 2 (dua) kelompok Pokmaswas, yaitu Pokmaswas Desa Tampa dan Pokmaswas Desa Runggu Raya wilayah Kecamatan Paku, seperti yang diungkapkan oleh Kabid Perikanan Disperkan Kabupaten Barito Timur, Noveta Wijanti.

“Ada 2 (dua) Pokmaswas yang dikukuhkan hari ini, yaitu Pokmaswas “Lawung Mariang” dari Desa Tampa dan Pokmaswas “Aksi Widuro” dari Desa Runggu Raya, keduanya masuk wilayah Kecamatan Paku,” ucap Noveta.

Turut dihadiri oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Tengah, Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur dan jajaran, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Desa Tampa dan Kepala Desa Runggu Raya. (sas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: