Sebanyak 20 Pengacara Jalani Pengambilan Sumpah

Sebanyak 20 Pengacara Jalani Pengambilan Sumpah

LENSALTENG.com - PALANGKA RAYA - Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Muhammad Hatta memimpin sidang istimewa pengambilan 'Sumpah Advokat" dar

Pengelolaan Dan Tranvaransi Penanganan Covid-19 Pemerintahan Kota Mendapat Apresiasi BPK- RI
Ketatnya Penjagaan Diduga Pengaruhi Ekonomi
Dishub Palangka Raya Perketat Pengawasan

FOTO : Jajaran Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Pengacara dan Penasehat Hukum Indonesia (P3HI) Kalteng usai diambil sumpah di ruang sidang institusi tersebut, Senin (30/8/2021).

LENSALTENG.com – PALANGKA RAYA – Ketua Pengadilan Tinggi Palangka Raya, Muhammad Hatta memimpin sidang istimewa pengambilan ‘Sumpah Advokat” dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perkumpulan Pengacara dan Penasehat Hukum Indonesia (P3HI) Kalteng di ruang sidang institusi tersebut, Senin (30/8/2021).

Dalam pengambilan sumpah tersebut diikuti secara langsung sebanyak 20 advokat/pengacara muda angkatan ke VIII, yang sehari sebelumnya sudah dikukuhkan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) P3HI, H. Aspihani Assegaf.

Muhammad Hatta mengatakan, Mahkamah Agung (MA) telah mengeluarkan aturan bahwa Ketua Pengadilan Tinggi memiliki kewenangan, untuk pengambilan sumpah advokat, kepada advokat yang memenuhi syarat.

“Seperti para advokat yang diajukan oleh organisasi advokat P3HI,” jelasnya.

Sementara itu usai pengambilan sumpah advokat, Ketua DPD P3HI Kalteng, Mambang Tubil mengatakan, adanya organisasi P3HI adalah sebagai bentuk terobosan baru dalam pemerataan pelayanan bagi masyarakat di bidang hukum.

“Diharapkan P3HI bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dengan memegang teguh pada fakta integritas dalam lingkup hukum,” harapnya.

Ditempat yang sama Sekretaris DPD P3HI Kalteng Singkang menambahkan, dengan adanya P3HI di Provinsi Kalteng, maka masyarakat hingga di pelosok bisa mendapatkan pelayanan bidang hukum secara prima, melalui pengurus P3HI di kabupaten/kota.

“Kehadiran P3HI sangat strategis dalam menolong warga yang terintimidasi oleh persoalan hukum maupun Hak Asasi Manusia (HAM),” tukasnya

Singkang optimis, walaupun P3HI adalah organisasi baru bagi Kalteng, namun gaungnya cukup besar untuk skala nasional, karena para advokatnya memegang teguh fakta integritas hukum.

Sumpah advokat yang dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat itu, dihadiri Ketua Umum DPN P3HI, H. Aspihani Assegaf didampingi Sekretaris Jenderal DPN P3HI Wijiono, serta sejumlah jajaran dari Pengadilan Tinggi Palangka Raya. (Sas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: