Berharap PAUD Ciptakan Generasi Cerdas

Berharap PAUD Ciptakan Generasi Cerdas

LENSAKALTENG.com – Sampit – Kompetensi tenaga pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kotawaringin Timur dinilai perlu terus ditingkatkan.

Laksanakan Vaksinasi Pelajar Secara Merata
Pengurus DPD Lasqi Kotim 2021-2026 Dilantik
SDN 3 Sawahan Persiapkan Diri Jelang ANBK

FOTO : Bunda PAUD Kotim, Khairiah Halikinnor berfoto bersama pengurus Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia Kotim.

LENSAKALTENG.com – Sampit – Kompetensi tenaga pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kotawaringin Timur dinilai perlu terus ditingkatkan. Hal ini karena tonggak awal pendidikan sebelum pendidikan dasar adalah di PAUD.

Bunda PAUD Kotim, Khairiah Halikinnor menjelaskan tonggak awal pendidikan adalah sejak usia dini. Menurutnya, penanaman karakter dan pengasuhan yang positif sejak usia dini dapat menjadi bekal bagi anak untuk masuk ke jenjang pendidikan berikutnya.

“Sangat perlu untuk meningkatkan kompetensi para pendidik agar dapat melayani anak-anak yang menjadi peserta didik secara maksimal,” kata Khairiah, Senin 27 September 2021.

Melalui kegiatan yang berkualitas seperti seminar, diklat, pelatihan, dan lain tenaga pendidik PAUD diharapkan mampu membuka wawasan. Sehingga mampu menjadi tenaga yang lebih kreatif bagi anak-anak.

Kendati demikian pendidikan anak usia dini tidak hanya tanggung jawab pendidik semata. Namun perlu peran serta orang tua.

“Waktu anak di sekolah atau satuan pendidikan hanya sebentar, selebihnya dihabiskan bersama orang tua atau keluarganya,” katanya.

Apalagi di tengah pandemi Covid-19 saat ini, kegiatan pembelajaran yang semula dilaksanakan di sekolah telah dibatasi. Membuat para pendidik kurang optimal dalam memberikan layanan pada anak.

Sementara itu di sisi lain, usia dini merupakan masa keemasan yang berpengaruh dalam tumbuh kembang anak. Sebab itu pada masa ini diperlukan, pengasuhan dan pendidikan yang tepat. (sas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
%d blogger menyukai ini: