Cegah Musibah Banjir Melalui Program Reboisasi

Cegah Musibah Banjir Melalui Program Reboisasi

LENSAKALTENG.com - SAMPIT – Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Juliansyah mendorong agar ada upaya penyelamatan terhadap sisa h

Sejumlah Anggota Legislatif Kotim Sambangi Rumah Sakit
Awasi Aktivitas Penyelewengan Kayu Ilegal
Tugas Bersama Memelihara Kerukunan Masyarakat

FOTO : Sekertaris Komisi II DPRD Kotim, Juliansyah.

LENSAKALTENG.com – SAMPIT – Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Juliansyah mendorong agar ada upaya penyelamatan terhadap sisa hutan yang ada melalui program reboisasi.

Hal tersebut dalam rangka mencegah bencana di masa mendatang seperti banjir yang akan merendam pemukiman penduduk di sejumlah daerah.

“Salah satu penyebab banjir saat ini, karena memang terjadi kerusakan alam yang begitu masif. Sehingga banjir yang merendam permukiman di daerah warga ini tidak lain karena faktor kesengajaan,” ujar Juliansyah.

Politisi Partai Gerindra tersebut, mendorong agar pemerintah kabupaten maupun pemerintah provinsi melakukan penghijauan kembali. Lahan atau pun hutan yang kritis ini diarahkan untuk dilakukan penanaman kembali.

Program itu tentunya difasilitasi dan didukung pemerintah dengan maksimal. Misalkan diprogramkan penanaman seribu hektare untuk karet, jelutung, sengon, atau pun tanaman kayu lainnya. Dan itu  fungsinya menyamai hutan primer sebelumnya.

Apabila program reboisasi maupun rehabilitasi itu tidak dilaksanakan mulai sekarang, maka tidak menutup kemungkinan bahaya banjir mengancam dan mengintai kawasan hulu atau pun daerah lainnya. (sas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS:
%d blogger menyukai ini: