Imbau Pemko Palangka Raya Data Yatim Piatu Korban Covid-19

Imbau Pemko Palangka Raya Data Yatim Piatu Korban Covid-19

LENSAKALTENG.com - PALANGKA RAYA - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K. Yunianto mendorong pemerintah kota (Pemko) setempat melalui instansi

Perda PPNS Diharap Bisa Beri Peluang Bagi PAD
Terkait Kedisiplinan Prokes, Ini Harapan Ketua DPRD Palangka Raya
Kesadaran Terkait Pentingnya Drainase Masih Rendah

FOTO : Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K. Yunianto.

LENSAKALTENG.com – PALANGKA RAYA – Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K. Yunianto mendorong pemerintah kota (Pemko) setempat melalui instansi terkaitnya, untuk mendata secara akurat anak yatim maupun yatim piatu yang orang tuanya meninggal dunia karena Covid-19.

“Pendataan bisa dilakukan secara akurat oleh Dinas Sosial, Dinas Kesehatan Dinas Pendidikan, maupun Disdukcapil,” katanya, Jumat (3/9/2021).

Dengan adanya data tersebut jelas Sigit, maka dapat menjadi acuan untuk mengukur beban dan kemampuan anak. Misalkan saja, melihat dari latar belakang keluarga dan aspek ekonomi lainnya.

Bila didapat kemampuan keluarga si anak sangat berat secara ekonomi, hingga berdampak pada keberlangsungan sekolah dan pendidikan masa depan anak, maka pemko harus turun tangan.

“Sebut saja membantu memberikan beasiswa, atau memberikan program khusus terkait keberlangsungan pendidikan anak, dengan alokasi anggaran khusus,” cetusnya.

Namun lagi-lagi sambung legislator PDI Perjuangan ini, akurasi data si anak harus benar -benar tepat sehingga kebijakan yang diambil juga akan tepat sasaran.

“Kalau saya usulkan ada program yang dinamakan ‘Peduli Anak’, guna mengakomodir masa depan anak korban Covid-19,” tambahnya.

Sementara itu sebagai wakil rakyat sambung Sigit, sudah barang tentu pihaknya akan mendukung berbagai kebijakan pemerintah. Terlebih yang berkaitan dengan kemanusiaan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kenapa tidak, kapan perlu pengalokasian anggaran yang bersifat kemanusiaan untuk membantu anak-anak korban Covid-19 bisa dialokasikan bersumber dari APBD,” pungkasnya. (sas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: