Mensos Risma Berkunjung Ke Katingan

Kasongan - Selain ke Palangka Raya, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja di Kasongan, Kabupaten Katingan, Kamis, (16/9/2021

Tahun Ini Jumlah Warga Miskin Katingan Penerima BST Berkurang, Ini Alasannya
KONI Harus Hasilkan Kebijakan Untuk Pembinaan Atlet
Melayani Masyarakat Jangan Lakukan Pungli

Kasongan – Selain ke Palangka Raya, Menteri Sosial RI Tri Rismaharini melakukan kunjungan kerja di Kasongan, Kabupaten Katingan, Kamis, (16/9/2021).

Dalam kesempatan ini Mensos Risma didampingi Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo, Bupati Sakariyas dan wakilnya Sunardi Litang serta Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi secara simbolis menyerahkan bantuan sosial kepada perwakilan warga korban banjir di Taman Religi Kasongan, Kecamatan Katingan Hilir.

Sambil berdiri, Mensos Risma melakukan dialog kepada sejumlah pihak di antaranya dengan Wagub Kalteng Edy Pratowo, Bupati Sakariyas dan pihak Tagana. Selain memberikan makanan siap saji, Mensos Risma juga menyerahkan bantuan lainnya di antaranya tilam, selimut dan susu formula serta vitamin.

Mensos mengaku, jika tidak hanya di Kabupaten Katingan yang ia kunjungi terkait bencana banjir, namun juga di sejumlah provinsi di Pulau Kalimantan seperti Kalimantan Selatan, yakni Kaupaten Tanah Laut yang juga dilanda banjir.

Sebelum ke Katingan, Memsos juga menyempatkan mengunjungi warga korban banjir di wilayah Palangka Raya, yakni di Jalan Mendawai. “Kita membantu meringankan warga terdampak banjir, tapi intinya memang harus kita selesaikan akar masalahnya,” kata Risma saat ditanya terkait kunjungannya.

Ia melanjutkan jika pihaknya selalu melakukan pemantauan terkait bencana di Indonesia seperti banjir ini, bahkan dirinya mengaku kerap mendapatkan laporan. “Terus terang yang perlu dibangun adalah pendataan, jadi saya laporannya dari Tagana, sebetulnya berapa sih warga yang terdampak banjir ini,” ucapnya.

Untuk itu Risma meminta terkait data warga terdampak banjir ini kedepan harus nyata sesuai fakta di lapangan harus akurat termasuk di Kabupaten Katingan ini. “Ada beberapa bantuan terkait bencana dan pasca bencana, dan kami tadi ada membawa kasur untuk warga korban banjir,” katanya.

Terkait pendistribusian bantuan sosial ke wilayah yang sulit dijangkau seperti terganggunya jalan yang putus, Risma meminta kepala daerah yang melakukan pendistribusian. “Untuk warga yang sulit dijangkau bisa diberikan makanan siap saji agar bisa bertahan berhari-hari,” imbuh Mensos Risma.

(tri)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: