Pelayanan Disdukcapil Kapuas Semakin Mantap, Buat Akte Kelahiran Lebih Mudah

FOTO: Sipie S Bungai Sos, MAP LENSAKALTENG.com – KUALA KAPUAS - Pelayanan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupate

Ops Zebra 2020, Satlantas Polres Kapuas Utamakan Sosialisasi Protokol Kesehatan
Bupati Kapuas Resmikan Ruang Terbuka Hijau Dan Rumah Pintar
Jangan Sampai Corona Masuk Kapuas

FOTO: Sipie S Bungai Sos, MAP

LENSAKALTENG.com – KUALA KAPUAS – Pelayanan Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kapuas  semakin mantap, hadir dengan semangat pelayanan melayani masyarakat Kapuas.

Hal ini ditandai dengan adanya pemberlakukan baru oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tentang pemangkasan birokrasi standar pelayanan administrasi kependudukan, berubah efektif dan lebih efisien.

Salah satunya dalam pembuatan akte kelahiran yang hanya tinggal menunjukkan surat keterangan dari bidang dan dokter yang membantu persalinan. Untuk data lain terkait orang tua tidak perlu dibawa, karena sudah ada di Disdukcapil.

“Sistem layanan kita ada yang baru, ada aturan baru dari Ditjen Dukcapil pada 3 September 2021 tadi. Seperti pembuatan kate lahir biasanya banyak syarat yang harus dibawa orang tua, juga ada saksi-saksi, kali ini tidak perlu lagi ada aturan baru pemangkasan syarat tesebut,”kata Plt Kepala Disdukcapil Kapuas Sipie S Bungai, Rabu (8/9/2021).

Disinggung soal pelayanan selama pandemi covid-19 kebijakan PPKM level 4 dan 3, Sipie S  Bungai mengaku tetap pada ketentuan awal, yakni layanan kantor dibuka dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.  Sementara itu untuk layanan jemput bola ke desa-desa dan kecamatan hanya dilakukan bagi warga yang tidak bisa datang ke kantor Disdukcapil Kapuas.

“Untuk warga yang cacat dan lansia bisa kami datangi secara individu, tetapi bukan dengan kapasitas banyak orang,”katanya. (ONO)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: