DPRD Barsel Jadi Tujuan Kaji Banding Dewan HSS

LENSAKALTENG.com - BUNTOK - Studi banding mengenai langkah pembinaan UMKM dengan tujuan pemulihan ekonomi pascapandemi, rombongan anggota Komisi I

Penyaluran Bantuan di Tanjung Jawa dan Teluk Mampun Cukup Baik
Sampaikan Data Penerima BLT Secara Transparan
Dewan Barsel Minta Pasar Subuh Dipindahkan

Foto : Anggota Komisi II DPRD HSS, Rian Dermawan.

LENSAKALTENG.com – BUNTOK – Studi banding mengenai langkah pembinaan UMKM dengan tujuan pemulihan ekonomi pascapandemi, rombongan anggota Komisi II DPRD Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan berkunjung ke DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kamis (13/1/2022).

Diterangkan oleh anggota Komisi II DPRD HSS, Rian Dermawan, selain mengunjungi DPRD Barsel, sebelumnya juga sudah mendatangi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop dan UMKM) Barsel.

“Tadi kita ke Dinas UMKM (Diperindagkop dan UMKM) dan DPRD juga (untuk berkonsultasi) terkait UMKM, karena kami saat ini melaksanakan pembahasan Perda inisiatif dari kami (legislatif) tentang UMKM. Jadi kami studi banding, langkah apa yang dilakukan eksekutif dan legislatif di sini terkait pembinaan, atau apapun terkait UMKM,” tuturnya.

Dia menjelaskan, pentingnya Perda tentang UMKM ini segera dirampungkan karena berkaitan dengan upaya percepatan pemulihan ekonomi masyarakat pascapandemi Covid-19.

Sebab wabah berkepanjangan yang terjadi selama dua tahun ini, sangat berdampak pada seluruh lini kehidupan tidak terkecuali para pelaku UMKM sebagai salah satu ujung tombak perekonomian masyarakat di daerah.

“Semenjak pasca Covid-19 dan bayang-bayang Covid-19 yang akan datang lagi, kita harus lebih siap dari tahun-tahun sebelumnya. Karena UMKM ini yang terbukti mampu bertahan, mampu tetap tumbuh di balik bidang-bidang lain yang sebagian besar ambruk,” ucapnya.

“Mau tidak mau harus kita akui, bidang UMKM ini kalau tidak kita bantu (maka akan mati). Seperti rumput ini kan, kalau dibiarkan ya memang ukurannya segitu-gitu, tidak bisa besar, tidak bisa apa, tapi ada. Tapi (kalau dibiarkan) kena banjir, mati rumput ini, begitu juga UMKM,” tandas politisi PAN ini mengakhiri. (Tam/sas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: