Legislator Ini Apresiasi, Mendukung Penetapan Masyarakat Hutan Adat

FOTO: Berinto SH MH LENSAKALTENG.com – KUALA KAPUAS – Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Wilayah Hulu Dapil III Kapuas Berinto mengapresiasi telah ditet

Pagi Buta, Tujuh Rumah Terbakar di Kuala Kapuas
Yohanes Terima Kunker Pimpinan DPRD Tabalong
Mahasiswa Kapuas di Palangka Raya Berterima Kasih Kepada Bupati Kapuas dan Ary Egahni, Karena Dibantu Sembako Saat Pandemi Covid-19

FOTO: Berinto SH MH

LENSAKALTENG.com – KUALA KAPUAS – Anggota DPRD Kabupaten Kapuas Wilayah Hulu Dapil III Kapuas Berinto mengapresiasi telah ditetapkannya masyarakat hutan adat (MHA) di Desa Timpah Kecamatan Timpah.

Seagai legislator perwakilan hulu, Berinto mengaku sangat mendukung penetapan MHA di Timpah. Tetapi menurutnya itu harus dilanjutkan ke wilayah hulu seperti Desa Tumbang Bukoi dan Tumbang Manyarung serta beberapa desa lainnya.

“Dan jangan cuma di Timpah. Tetapi berikan sampai di hulu Kapuas Desa Tumbang Bukoi, Desa Tumbang Manyarung, Desa Supang, Desa Baronang 1 dan Baronang 2, karena di sana yang hutannya masih hutan produksi,”jelas politisi Partai Nasdem ini.

MHA ini penting, lanjutnya, agar masyarakat hukum adat tidak selalu lemah dan dikalahkan. Jika berhadapan dengan izin konsensi yang diberikan oleh pemerintah untuk pengusaha kayu, tambang dan pengusaha kebun sawit.

“Biar MHA mempertahankan hutan yang masih dianggap sakral,”tegas wakil rakyat yang selalu vokal ini.

Seperti diberitakan, penyerahan Surat Keputusan Bupati Kapuas tentang MHA Desa Timpah telah dilaksanakan baru-baru ini. Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat berharap ini sebagai ketetapan pengakuan masyarakat hukum adat “Suku Dayak Ngaju” Desa Timpah. (ONO)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: