MHA Ditetapkan Di Timpah, Ben Brahim Berharap Mometum Memperjuangkan Hak Adat

FOTO: Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat memberikan surat keputusan tentang MHA Desa Timpah kepada Damang Timpah, Kamis (20/01/2022). LENSAK

Dewan Barsel Tekankan Program Jampersal
Wagub Kalteng Hadiri Rapat Paripurna ke-6
Ayo Meriahkan HUT RI

FOTO: Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat saat memberikan surat keputusan tentang MHA Desa Timpah kepada Damang Timpah, Kamis (20/01/2022).

LENSAKALTENG.com – KUALA KAPUAS – Penyerahan Surat Keputusan Bupati Kapuas tentang Masyarakat Hukum Adat (MHA) Desa Timpah. Hal ini diharapkan Bupati kapuas Ben Brahim S Bahat sebagai ketetapan pengakuan masyarakat hukum adat “Suku Dayak Ngaju” Desa Timpah di Aula Bappeda Kapuas, Kamis (20/01/2022).

Ben Brahim S Bahat dalam kesempatan itu optimistis, dengan adanya penetapan MHA Desa Timpah itu, maka akan mendorong masyarakat untuk bisa memperjuangkan hak-hak adat mereka. Hal itu menjadi momentum agar wilayah adat bisa dikelola masyarakat dalam melestarikan kehidupan turun temurun.

“Saya berbahagia adanya pengakuan masyarakat hukum adat. Harapan kita desa itu punya hutan adat sekian hektar. Ini kita jadikan momentum untuk memperjuangkan hak adat,”kata Ben Brahim.

“Atas nama masyarakat Kapuas saya mengucapkan penghargaan kepada Pak Anton BOSF dan pihak lain yang memberikan bimbingan sehingga lahirnya MHA di Timpah ini,”tambahnya.

Lebih lanjut Ben Brahim juga menegaskan, agar semua pihak menyatukan tekad untuk membela hak- hak masyarakat adat. Adanya usaha secara optimal dalam pengelolaan bersifat komunal, tanah, wilayah, budaya dan sumber daya alam yang diperoleh secara turun termurun.

“Hari ini saya berbahagia karena lahirnya HMA di Timpah, saya ingin ini tidak hanya di Timpah saja tetapi di semua kecamatan, dan juga kabupaten yang ada di Kalteng,”kata orang nomor satu di Kapuas ini.

Sementara itu, Wakil CEO BOSF Kalteng DR Anton Noorcahyon menyampaikan, bahwa di Kalteng masih sedikit MHA. Ia sangat bersyukur bisa terwujud penetapan MHA di Timpah.

“Dalam perjalannya terlengkapi syarat-syarat agar bisa penetapan MHA di Timpah. Kami mohon agar percepatan Perda MHA Kabbupaten Kapuas demi tata kelola lingkungan lebih baik,” kata Anton.

Anton juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, Anggota DPR RI Ary Egahni, Anggota DPRD Kapuas Berinto, Sekda dan panitia penetapan MHA Kapuas,  DAD Kapuas, Dinas Lingkungan Hidup Kapuas dan SOPD lainnya. Kemudian kepada Dishut Provinsi Kalteng, Camat Timpah dan Damang Timpah.(ONO)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: