Pangkas Birokrasi Demi Wujudkan Reformasi Pemerintahan

Pangkas Birokrasi Demi Wujudkan Reformasi Pemerintahan

LENSAKALTENG.com - Kuala Kurun – Sekretaris daerah Kabupaten Gunung Mas, Yansiterson pimpin rapat hasil penyederhanaan Birokrasi di aula Bappedali

Imbau Warganya Tak Lakukan Ilegal Minning
Ini Hasil Ops Yustisi Polsek Manuhing
Perlunya Peningkatan Kompetensi Tenaga Pendidik Secara Individu dan Kelompok

FOTO : Sekda Gunung Mas, Yansiterson saat pimpin rapat hasil penyederhanaan Birokrasi di aula Bappedalitbang setempat, Selasa (11/1/2022).

LENSAKALTENG.com – Kuala Kurun – Sekretaris daerah Kabupaten Gunung Mas, Yansiterson pimpin rapat hasil penyederhanaan Birokrasi di aula Bappedalitbang setempat, Selasa (11/1/22).

Yansiterson mengatakan bahwa penyederhanaan Birokrasi merupakan bagian dari pelaksanaan reformasi birokrasi untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan sistem Pemerintah berbasis elektronik.

“Penyederhanaan Birokrasi dilakukan melalui tiga tahapan, yakni Penyederhanaan Struktur Organisasi, Penyetaraan Jabatan dan Penyesuaian Sistem Kerja,” ujarnya.

Penyederhanaan Struktur Organisasi ini sesuai amanat Permenpan RB Nomor 25 Tahun 2021 dilaksanakan paling lambat sampai dengan tanggal 30 Juni 2021.

Pelaksanaan Penyederhanaan Struktur dilaksanakan dengan menggunakan Kriteria dan Model sesuai Surat Kemenpan RB Nomor B/467/KT.01/2021, tanggal 27 Mei 2021.

Dirinya juga mengatakan, seluruh Jabatan Pengawas di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas berjumlah 431 Jabatan, sesuai model yang dikeluarkan Kemenpan RB yang disederhanakan berjumlah 225 Jabatan Pengawas, hasil validasi di Kemendagri jabatan yang disederhanakan berjumlah 171 Jabatan Pengawas atau sebesar 76 persen.

Ia juga mengatakan, untuk persiapan pelantikan jabatan fungsional ini sudah dipersiapkan tinggal menunggu kelengkapan perubahan perbup tentang struktur organisasi dan tata kerja perangkat daerah yang ada di Kabupaten Gunung Mas terkait tentang penyetaraan jabatan itu.

“Untuk progresnya sampai hari ini sudah selesai dari biro organisasi dan sekarang berada di Biro Hukum Setda Provinsi Kalteng mudah-mudahan dalam minggu ini bisa keluar,” ujar Sekda Gumas.

Dirinya juga mengatakan dengan persetujuan kelengkapan perubahan perbup tentang struktur organisasi dan tata kerja perangkat daerah ini hanya menyangkut 171 orang yang akan disetarakan menjadi pejabat fungsional dan menyangkut 16 dinas dan 2 badan atau secara lengkap itu adalah 18.

“Sementara kami kerjakan yang 171 orang di 18 dinas dan 2 badan, sampai pada proses pelantikan penyetaraan jabatannya,” kata Sekda.

Sekda juga mengatakan, masih ada 7 perangkat daerah lagi yang belum diproses untuk penyetaraan Jabatan pengawas yang masih tetap dipertahankan, Setda, Setwan, Inspektorat, BKAD, Bapenda, Bappedalitbang, BKPSDM.

“Ada hal yang harus dilakukan yaitu penajaman terhadap tugas fungsi dan uraian tugas karena ini menyangkut substansi yang perlu dilakukan perubahan, karena penyederhanaan birokrasi yang terjadi,” pungkasnya. (Don/sas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: