Pemkab Katingan dan Melawi Sepakati Kerja Sama Bidang Kesehatan dan Infrastruktur

Pemkab Katingan dan Melawi Sepakati Kerja Sama Bidang Kesehatan dan Infrastruktur

LENSAKALTENG.com - KASONGAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan Kalimantan Tengah (Kalteng) teken penandatangan kesepakatan atau MoU bersama Pe

Ini Bocoran Strategi Barsel Cegah Covid-19
Reses, Dewan Tinjau Obyek Wisata dan PJU
Dewan Menilai Perda Sampah Tidak Berjalan Sesuai Fungsi

FOTO : Dokumen LK – Bupati Katingan, Sakariyas (kanan) saat teken MoU terkait bidang Infrastruktur dan Kesehatan dengan Pemkab Melawi, Kalbar di halaman Kantor Bupati Katingan, Selasa 18 Januari 2022.

LENSAKALTENG.com – KASONGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan Kalimantan Tengah (Kalteng) teken penandatangan kesepakatan atau MoU bersama Pemerintah Kabupaten Melawai Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), di halaman kantor Bupati Katingan, Selasa 18 Januari 2022.

Acara tersebut dihadiri Bupati Katingan Sakariyas didampingi Wakil Bupati Sunardi N.T Litang. Kemudian juga hadir Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa berserta sejumlah pejabat lainnya.

Kerjasama antar Kabupaten ini salah satunya dalam rangka pembangunan dibidang infrastruktur seperti jalan darat menuju kedua wilayah secepatnya terhubung dengan baik, selain itu juga kerjasama dibidang kesehatan.

Bupati Katingan Sakariyas, mengatakan kerjasama yang dilakukan adalah karena berbatasan dengan Kabupaten Melawi Kalimantan Barat. Tetapi, sejauh ini akses jalan darat yang bisa terhubung adalah hanya jalan perusahaan dan masih belum ada jalan yang dibangun pemerintah.

“Dengan adanya MoU ini kita sudah mulai bergerak, walaupun misalnya kita mengunakan APBD yang terbatas. Jadi kita membuka dulu badan jalan, paling tidak setelah terbuka baru kita serahkan ke Balai Jalan sehingga APBN bisa masuk kesitu. Mudah-mudahan pemerintah pusat memahami, karena ini adalah untuk masyarakat banyak. Sebenarnya tidak jauh lagi untuk menuju wilayah Melawi yaitu sekitar 80 kilometer dari Kabupaten Katingan,” katanya.

Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan ini, menambahkan bahwa masyarakat di wilayah bagian utara seperti

Kecamatan Katingan Hulu dan warga Kecamatan Bukit Raya selalu berbelanja bahan pokok dan berobat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan lebih memilih ke di wilayah Kabupaten Melawi karena lebih dekat. Jika dibandingkan ke Kota Kasongan dan sekitarnya lumayan jauh atau waktu yang lama.

“Harapan saya, jalan darat ini harus terbuka. Karena dengan adanya keterbukaan dua kabupaten ini. Saya yakin ekonomi di wilayah Melawi juga akan meningkat begitu juga di Katingan. Walaupun terbentur dengan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya, apabila dana APBN nanti masuk maka semuanya akan bisa diselesaikan. Saya optimis jalur darat menuju Kabupaten Melawi dari Katingan akan terealisasi dengan baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Melawi, Dadi Sunarya Usfa Yursa, mengatakan dengan adanya MoU di bidang infrastruktur dan Kesehatan bersama Pemerintah Kabupaten Katingan diharapkan bisa terwujud serta berjalan dengan baik.

Dirinya juga mengatakan pihak Pemerintah Kabupaten Melawi tahun karen mendapat dana dari APBN pusat untuk membangun ruas jalan nasional hingga hampir tembus sampai perbatasan di wilayah tersebut.

“Kita juga sudah sampaikan ke pihak Balai Jalan Nasional dan mereka juga nantinya akan berkomunikasi dengan Balai Jalan Nasional yang ada di Kalimantan Tengah. Kami juga mengakui masyarakat Kabupaten Katingan di wilayah utara untuk belanja bahan pokok dan mendapatkan pelayanan kesehatan sering ke Kabupaten Melawi. Semoga jalan penghubung yang kita inginkan untuk masyarakat dapat tercapai,” pungkasnya. (Na/sas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: