Wabup Gumas Buka RKPR Tahun 2023

Wabup Gumas Buka RKPR Tahun 2023

LENSAKALTENG.com - KUALA KURUN – Wakil Bupati (Wabup) Gunung Mas (Gumas) efrensia L.P. Umbing membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan A

Bupati Gumas Resmikan Lumbung Pangan Masyarakat
Wabup Gumas Pimpin Apel Hardiknas
Ini Cara Polsek Rungan Cegah Gangguan di Tempat Ibadah

FOTO : Wakil Bupati Gunung Mas (Gumas), Efrensia L.P. Umbing saat membuka RKPR di Kuala Kurun, Kamis (27/1/2022).

LENSAKALTENG.com – KUALA KURUN – Wakil Bupati (Wabup) Gunung Mas (Gumas) efrensia L.P. Umbing membuka kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2023, di aula Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Bappedalitbang, Kamis (27/1/2022).

Dalam sambutannya Wabup Gumas mengatakan, penyempurnaan rancangan awal RKPD untuk memberikan panduan kepada seluruh Perangkat Daerah (PD) dan proses menyempurnakan Rancangan Awal Rencana Kerja (Renja) yang berfungsi sebagai koridor perencanaan pembangunan daerah dalam kurun waktu 1 (satu) tahun.

Rancangan awal Renja akan dilakukan pembahasan dan sinkronisasi program kegiatan prioritas pada Forum Perangkat Daerah.

“Melalui pembahasan, sinkronisasi dan sinergi antara prioritas pembangunan pada Rancangan Renja Perangkat Daerah dengan usulan Kecamatan hasil Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan,” ujar Efrensia.

Menurutnya target capaian kinerja pembangunan di Gumas tahun 2023 sebagaimana tertuang dalam RPJMD perubahan Kabupaten Gunung Mas Tahun 2019-2024, antara lain yaitu laju pertumbuhan ekonomi meningkat menjadi 6,09 persen, tingkat kemiskinan menurun menjadi 4 persen; tingkat pengangguran terbuka menurun menjadi 2,12 persen indeks ini menurun menjadi 0,25 persen dan indeks pembangunan manusia meningkat menjadi 71,70 persen.

“Untuk mencapai target indikator-indikator tersebut diperlukan upaya dan kerja keras kita semua, dan tentu saja hal ini perlu dukungan melalui sinergitas, sinkronisasi dan harmonisasi program kegiatan pembangunan daerah, baik dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan maupun pengendaliannya,” tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bappedalitbang Gumas, Yantrio Aulia menyampaikan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendapatkan masukan penting dan saran dalam rangka penyempurnaan terhadap Rancangan Awal RKPD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2023.

“Peserta Musrenbang Kabupaten Gunung Mas adalah Anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas, seluruh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Lembaga Swadaya Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Agama di lingkup Kabupaten Gunung Mas,” tandasnya. (don/sas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: