Bupati Bartim Minta BUMDes Jeli Melihat Peluang Usaha

Foto : Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas Bupati Bartim Minta BUMDes Jeli Melihat Peluang Usaha LENSA LENSAKALTENG.com - Tamiang Laya

Kibarkan Bendera Nasional Selama Agustus
Raperda RPJMD Bartim Mulai Dibahas
Rusunawa Ini Siap Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona

Foto :

Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas

Bupati Bartim Minta BUMDes Jeli Melihat Peluang Usaha
LENSA

Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas

LENSAKALTENG.com – Tamiang Layang – Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas, meminta seluruh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang ada di wilayah setempat, untuk jeli melihat peluang maupun potensi desa yang berimplikasi pada perekonomian masyarakat yang maju dan berkembang.

Adalah suatu keniscayaan bila saat ini BUMDes dituntut bisa produktif. Pasalnya BUMDes sudah memiliki anggaran untuk menjalankan usaha.

“Pencapaian program ekonomi kerakyatan di desa bisa ditingkatkan melalui peran aktif BUMDes. Terutama untuk memanfaatkan sumber daya yang berada di desa,” ungkap Ampera, Senin (28/2/2022).

Disampaikan bupati, dengan adanya BUMDes di tingkat desa, sedikit banyak mampu menggerakkan roda perekonomian di desa. Karena itu BUMDes dituntut mampu mengelola apa yang menjadi sumber penghasilan masyarakat.

“Bila di desa masyarakatnya mayoritas petani karet, padu dan kelapa sawit atau perternak, maka BUMDes harus bisa mengelola itu. Contohnya membeli hasil milik petani atau perternak sehingga daya jual beli stabil. Disamping itu juga tidak ada permainan harga dari para oknum tengkulak,” jelas Ampera.

Lebih lanjut bupati melihat, dengan kehadiran aktif BUMDes selain mempermudah para petani maupun peternak untuk menjual hasil panen, maka disisi lain secara otomatis perputaran uang atau perekonomian di desa, tidak keluar dan tetap stabil.

“Kita ketahui bahwa banyak orang dari luar daerah membeli hasil panen di tempat kita, kemudian menjual kembali ke masyarakat dengan harga yang lebih mahal. Jadi lebih baik BUMDes sendiri yang berperan agar hasilnya bisa meningkatkan pembangunan di desa itu sendiri, bukan ke luar daerah,”tukasnya.

Selebihnya Ampera memberilan gagasan agar BUMDes dapat mengembangkan usaha daging, guna membantu meningkatkan ekonomi para peternak. “Hal ini tentunya sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Barito Timur dalam pencapaian program ekonomi kerakyatan,”pungkas. (ags)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: