Camat Kahayan Hilir Mengimbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

LensaKalteng.com - PULANG PISAU - Warga Kecamatan Kahayan Hilir Kabu­paten Pulang Pisau diimbau un­tuk taat membuang sampah pada tempat yang sudah d

Meski Pandemi, Kedisiplinan ASN Pemko.Palangka Raya Meningkat
Terkait Prokes, Polsek Manuhing Terus Disiplinkan Warganya
Masker Jadi Kewajiban Sehari-hari

Camat Kahayan Hilir, Osa Maliki.

LensaKalteng.com – PULANG PISAU – Warga Kecamatan Kahayan Hilir Kabu­paten Pulang Pisau diimbau un­tuk taat membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan oleh pemerintah. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Camat Kahayan Hilir, Osa Maliki.

Dikatakannya, adapun maksudnya guna menciptakan lingkungan yang bersih dan nya­man diperlukan dukungan semua elemen masyarakat dengan mem­budayakan tertib buang sampah.

“Selama ini persoalan sampah masih menjadi polemik yang berkepanjangan ditambah penampungan sampah sementara yang tak memadai lagi, membuat tumpukan sampah kerap meng­gunung ditambah jam buang sampah warga tak perhatikan ketentuan yang berlaku,” ucap Camat Kahayan Hilir, Kamis (3/2/2022).

Osa juga mengatakan sebagaimana disampaikan bu­pati untuk wujudkan Pulang Pisau Bersih, pihaknya merespon perintah bupati dengan melaku­kan rapat koordinasi dengan semua lurah dan kades terkait tata kelola sampah di wilayah masing–masing.

Pihaknya membuat titik-titik lokasi pembuangan sampah se­mentara seiring dengan Armada motor sampah yang telah terse­dia. “Kita sudah memiliki motor sampah dan sudah melakukan rapat bersama seluruh kades dan lurah agar membuat teknis pengambilan sampah dari warga untuk dibuang ke TPS yang titi­knya ditetapkan kades dan lurah selanjutnya teknis pengaturan ke depan juga akan dilakukan evaluasi,” katanya lagi.

Dicontohkan Osa, bahwa lo­kasi TPS yang berada di depan kantor bupati lama sudah ti­dak refresentatif lagi sehingga dipindahkan ke rey III. Hal ini dimaksudkan guna membuat lingkungan bersih di seputaran kota sambil melakukan teknis pengambilan sampah ke ru­mah-rumah warga.

“Saat ini, semua rancangan teknis pembuangan sampah telah dibu­at dan tinggal menunggu teknis lapangan serta tim yang bertugas. Sedangkan pembangunan tugas dan jam kerja juga akan dilakukan pengaturan lebih lanjut,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Osa berharap langkah untuk mewujudkan Pulang Pisau bersih mendapat dukungan semua pihak termasuk di dalamnya ketaatan untuk konsisten membuang sampah pada tempatnya.

“Sehingga persoalan sampah yang biasa menumpuk disiang hari diharapkan tidak terlihat lagi,” tandasnya. (Yanto/YSS).

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: