Bupati Gumas Hadiri Rapat Realisasi Plasma

LENSAKALTENG.com - KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong menghadiri kegiatan rapat koordinasi dalam rangka membahas realisasi plasma

Sempat Diberhentikan Oleh Bupati, PT. ALS Kembali Beroperasi
Terkait Saber Pungli, Ini Penegasan Kapolsek Manuhing
Masyarakat Rungan Diminta Tolak Praktik Pungli

FOTO : Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong

LENSAKALTENG.com – KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas, Jaya Samaya Monong menghadiri kegiatan rapat koordinasi dalam rangka membahas realisasi plasma 20 persen perusahan perkebunan sawit untuk masyarakat dalam program petani kemitraan yang berlangsung di GPU Jalan Pelita Kelurahan Tumbang Talaken Kecamatan Manuhing Kabupaten Gunung Mas, Rabu (23/3/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten II Setda Kab. Gunung Mas Richard, Kepala Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kab. Gunung Mas Sudin, Camat Manuhing Bambang Mulyanto, Kapolsek Manuhing Iptu Suwardi, SH, Kabid Perkebunan dan Pertanian Kab. Gunung Mas, Lurah Tumbang Talaken, Kades Tangki Dahuyan, Kades Tumbang Sepan, Kades Bereng Belawan, Pj. Kades Bereng Jun.

Jaya telah menegaskan aturan tersebut kepada seluruh perusahaan melalui Peraturan Daerah Nomor 15 Tahun 2009. Dalam realisasi di lapangan perusahaan perkebunan yang telah mendapatkan izin pembukaan lahan dari pemerintah, juga diminta lebih mengutamakan pembangunan kebun plasma dibanding pembangunan kebun inti sesuai hak guna usaha yang diberikan.

Sementara itu, Danramil 1016-04 Manuhing Lettu Cpl Apolo Darmawan menjelaskan, kalau realisasi perkebunan plasma tersebut memang merupakan kewajiban perusahaan sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) Nomor 98 Tahun 2013, dimana setiap perusahaan perkebunan harus menyiapkan 20 persen dari luasan perkebunannya untuk dijadikan kebun plasma.

Prioritas pembangunan kebun plasma tersebut, dikatakan Apollo juga merupakan bagian dari perhatian perusahaan kepada masyarakat di sekitar lokasi operasional perusahaan. Selain itu juga bagian dari bentuk perhatian pemerintah Kabupaten Gunung Mas.

“Kami pihak tni-polri selaku aparat teritorial akan terus mengapresiasi dan mendukung program pemerintah Gunung Mas demi memajukan kesejahteraan masyarakat khususnya petani sawit di wilayah kecamatan Manuhing,” tutup Danramil. (don/Kominfogumas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: