Disdikpora Gumas Gelar Pelatihan Aplikasi DAPODIK

LENSAKALTENG.com - KUALA KURUN – Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunung Mas Esra, M.Pd. memimpin Pelatihan

Melalui Spanduk Ini, Polsek Rungan Imbau Warganya Jauhi Ilegal Minning
Edukasi Tentang Pungli Terus Disosialisasikan
Tidak Butuh Waktu Lama, Polisi Tangkap Pencuri

FOTO : Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas (Gumas) saat foto bersama.

LENSAKALTENG.com – KUALA KURUN – Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunung Mas Esra, M.Pd. memimpin Pelatihan Operator Dapodik pada Penyiapan dan Tindak Lanjut Evaluasi Satuan PAUD Tahun 2022, di Aula Bappedalitbang, Kuala Kurun , Rabu (16/3/2022).

“Kami mengapresiasi dan menyambut baik dengan diselenggarakannya kegiatan ini, dan kami sangat berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang berguna bagi kita semua khususnya bagi seluruh peserta kegiatan,” ucap Esra, M.Pd.

Melalui kegiatan ini peserta diharapkan mampu memahami tentang sistem pengelolaan data nasional Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) pada satuan PAUD, manajemen Dana BOP PAUD, serta pelaporan Dana BOP PAUD.

Kepala Dinas Pendidikan menyampaikan Dapodik dibuat agar memudahkan seluruh sekolah di Indonesia pada proses pengumpulan data terhadap pemerintah pusat. Artinya tempat belajar berstatus negeri maupun swasta wajib mengisi dapodik.
Lebih lanjut Esra, M.Pd menyampaikan sistem dapodik dibuat menggunakan internet sebagai pondasi. Hal itu dikarenakan proses pengumpulan data secara online lebih efektif serta efisien, sehingga dapodik bisa diandalkan.

“Melalui kegiatan ini saya berharap, para peserta mampu memahami serta mengoperasikan aplikasi DAPODIK ini dengan baik,” tutur Esra.

Sesuai dengan program kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) yang direncanakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Kabinet Indonesia Maju Nadiem Anwar Makarim yaitu Merdeka Belajar.

Selain itu, bahwa Esensi kemerdekaan berpikir harus didahului oleh para guru sebelum mereka mengerjakannya pada siswa-siswi dalam kompetensi guru di level apapun, khususnya dalam hal ini adalah Pendidikan Anak Usia Dini.

“Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar kearah pertumbuhan dan enam perkembangan, agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional dan seni sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini yang tercantum dalam Permendikbud 137 tahun 2014 tentang standar nasional PAUD (menggantikan Permendiknas 58 tahun 2009),” sambungnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pembinaan PAUD selaku Penanggung Jawab Kegiatan, Vina Valentina Pasaribu, M.Si menyampaikan tujuan kegiatan tersebut adalah memberikan pemahaman tentang sistem pendataan data skala Nasional data pokok pendidikan (DAPODIK) pada satuan PAUD.

Memberikan pendampingan dalam mengoperasikan aplikasi DAPODIK Pada Satuan PAUD dan memberikan pemahaman pendampingan tentang manajemen BOP PAUD serta pelaporan.
Kegiatan tersebut diselenggarakan dengan pelatihan Operator Dapodik pada penyimpanan dan tindak lanjut Evaluasi satuan PAUD Kabupaten Gunung Mas Tahun 2022 sudah dilaksanakan pada 2 Zona yaitu, Zona 1 yang terdiri dari Kecamatan Kahut, Kecamatan Damang Batu dan Kecamatan Miri Manasa, dilaksanakan di SMPN 1 Kahut.

Dalam kesempatan tersebut pula Kepala Bidang Kepala Bidang Pembinaan PAUD Vina Valentina Pasaribu, M.Si menuturkan, pada zona ke II terdiri dari Kecamatan Rungan, Kecamatan Barat dilaksanakan di TK Negeri Tumbang Jutuh.
Peserta pada zona III yang dilaksanakan pada hari ini berjumlah 46 orang yang berasal dari satuan PAUD baik Negeri maupun swasta.

“Narasumber tenaga ahli pada kegiatan pelatihan operator DAPODIK pada penyiapan dan tindak lanjut evaluasi satuan PAUD Kab. Gumas Tahun 2022 berasal dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gunung Mas Pembinaan PAUD dan DIKMAS,” pungkasnya. (Don/Kominfogumas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: