E-HAC Wajib Diisi Penumpang Pesawar

  LENSAKALTENG .com - Palangka Raya- Kementrian Kesehatan mensyaratkan pengisian dokumen kartu kewaspadaan kesehatan elektronik atau yang

Akibat Petani Curang Harga Karet Turun
Harga Ayam di Palangka Raya Naik Tajam
Cegah Corona, Bentuk Satuan Gugus Tugas

 

LENSAKALTENG .com – Palangka Raya- Kementrian Kesehatan mensyaratkan pengisian dokumen kartu kewaspadaan kesehatan elektronik atau yang disebut dengan E-HAC. Adapun E HAC itu ditujukan kepada semua pelaku perjalanan penerbangan domestic dan internasional selama pandemi Covid -19. EHAC ini menjadi satu bagian dari aplikasi Peduli Lindungi yang dirilis pemerintah sebagai aplikasi yang bertujuan mendukung proses penanganan dan pencegahan pandemi di seluruh Indonesia.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya , Alman Pakpahan Rabu (16/03/2022) mengungkap, E- HAC merupakan sebuah formulir digital yang bisa untuk mengisi data dan identitas diri beserta laporan soal Covid -19 secara pribadi. Dalam e Hac ini nantinya akan diketahui seseorang sudah mengikuti vaksin apa saja, atau memiliki riwayat atau sedang mengalami kondisi mirip gejala Covid -19.

“Bagi mereka yang belum bisa mengisi formulir E – HAC ini , ada baiknya membawa sertifikat vaksin secara fisik ke bandara, terminal atau stasiun dan nanti akan dibantu oleh petugas pelayanan tranportasi,”jelasnya.

Sementara itu, seroang pengamat kebijakan publik Palangka Raya, Jovano Palenewen mengungkap, formulir E-HAc ini merupakan satu bagian monitoring dan pemantauan secara digital. Aplikasi yang berada dalam satu prosedur aplikasi Peduli Lindungi ini memang sengara disediakan pemerintah untuk terus memantau , mengamati, mengeveluasi hingga menyeleksi warga masyarakat yang diijinkan menggunakan fasilitas umum atau tidak.

“Sehingga dengan kata lain, aplikasi ini sedikit banyak memilah masyarakat yang sedang terkena virus atau tidak untuk mengikuti event atau fasilitas tertentu”, jelasnya.

Pengisian formulir E-HAC sendiri tidak memakan waktu lama dan hanya perlu mengisi beberapa lembar data dan indentitas diri selama kurang dari 10 menit. Persyaratan ini memang ditujukan bagi mereka yang sudah menginstal aplikasi Peduli Lindungi. (AW/ST)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: