Gandeng Pemkab Gumas, Museum Balanga Gelar Pameran Keliling

  LENSAKALTENG. com - Kuala Kurun – Pameran 'Museum Keliling' yang merupakan program Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi

Warga Dahian Tambuk Dapat Bantuan Bibit Ternak Babi
Pemkab Gumas Tingkatkan Kualitas Operator Dapodik
Kopi Rabusta di Gumas Potensial Dikembangkan

 

MUSEUM KELILING : Petugas Museum Balanga saat memperkenalkan alat tradisional ke pelajar Kurun, pada kegiatan pameran museum keliling, di Kabupaten Gunung Mas, Rabu (9/3/2022). Foto Nya. 

LENSAKALTENG. com – Kuala Kurun – Pameran ‘Museum Keliling’ yang merupakan program Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), melalui UPT Museum Balanga Kalteng, terus dijalankan.

Saat ini kegiatan pameran museum keliling tersebut dilaksanakan di Kabupaten Gunung Mas.

“Pameran museum keliling ini program Disbudpar Provinsi Kalteng melalui UPT Museum Balanga, kami dari Disbudpar Gunas hanya memfasilitasi saja,” Kata Kepala Disbupar Gumas, Eigh Manto, Rabu (9/3/2022).

Menurut Eigh Manto, program pameran museum keliling ini sangat strategi dalam memperkenalkan seni, budaya, adat Dayak serta kearifan lokal yang bernilai sejarah kepada masyarakat, khususnya dikalangan pelajar generasi penerus.

Museum keliling itu sendiri digelar kata dia, sebagai salah satu cara ditengah menghadapi kondisi pandemi saat ini, dimana programnya bersifat jemput bola. Salah satunya di Kabupaten Gumas sasaran pelaksanaannya.

“Kami sangat menyambut baik kehadiran museum keliling ini. Setidaknya mendorong Disbudpar Gumas untuk bersemangat dimana Gumas memiliki mini galeri yang dapat menjadi cikal bakal sebuah museum akan datang,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala UPT Museum Balanga Kalteng Jimmy, menjelaskan, Kabupaten Gumas merupakan kabupaten ke empat di Kalteng yang menjadi sasaran program pameran museum keliling.

“Sebelumnya museum keliling ini sudah dilaksanakan di Kabupaten Saruyan, Lamandau, Sukamara dan terakhir di Gumas. Kegiatan ini untuk memperkenalkan seni budaya dan kearipan lokal kita di Kalteng,”pungkasnya. (nya)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: