Kades, Kelola Keuangan Desa Transparan, dan Akuntabel

  LENSAKALTENG. com - Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) baru saja melantik 14 kepala desa (Kades). Diharapkan, para ka

Reses, Legislator Gumas Serap Aspirasi Terkait Sarpras dan SDM
Hadiah Puluhan Juta, Ayo Ikuti Lomba Desain Batik Ini
DAS Kahayan Dijadikan Tempat Pembuangan Sampah, Ini Tanggapan Wabup

 

PELANTIKAN : Kegiatan pelantikan 14 kepala desa (Kades) di GPU Damang Batu, Kamis (10/3/2022). Foto : Nya

LENSAKALTENG. com – Kuala Kurun – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) baru saja melantik 14 kepala desa (Kades). Diharapkan, para kades yang baru diambil sumpah janjinya itu mampu menjalankan roda pemerintahan dengan baik.

“Kami menyarankan, baik kades lama maupun yang baru, agar dapat bekerjasama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sebagai mitra kerja. Ini penting dalam menjalankan roda pemerintahan,” kata Ketua DPRD Gunung Mas, Akerman Sahidar, Kamis (10/3/2022).

Seperti halnya kata Akerman yang berkaitan dengan rencana pengelolaan keuangan desa, dimana pharus disusun setiap tahun dan dibahas serta disetujui bersama oleh pemerintah desa serta BPD sebagai mitra kerja.

“Pengelolaan keuangan desa itu harus dilakukan berdasarkan azaz transparan, dan akuntabel. Sehingga pengelolaanya selalu tertib,”tambahnya.

Tidak kalah pentingnya sambung dia, semua pengelolaan keuangan desa itu harus terbuka dan dilaksanakan dengan tertib dan disiplin anggaran, sehingga tidak ada hal-hal yang dapat tersangkut dengan hukum.

Kemudian tidak cukup sampai disitu saja, ujar politikus PDI Perjuangan ini, setiap kepala desa harus melaksankan tugasnya dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab sesuai dengan tugas dan fungsinya,serta sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

“Terpenting satukan dan eratkan kembali masyarakat, karena kepala desa adalah pelayan masyarakat, dan tidak membeda-bedakan antara yang memilih saudara atau tidak. Ini demi suksesi pelaksanaan ADD dan DD,”pungkasnya (nya).

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: