Kemungkinan Pandemi Jadi Endemi Masih Terbuka

LENSAKALTENG.com - Palangka Raya - Ahli epidemiolog menyebut kemungkinan untuk merubah pandemi Covid -19 menjadi endemi masih ada. Walaupun harus meme

BEI Cari SDM Profesional
Sambut Hari Juang Kartika Korem 102 Gelar Aksi Donor Darah
Tutup Tahun, Kinerja Kejaksaan Dianggap Mengecewakan

LENSAKALTENG.com – Palangka Raya – Ahli epidemiolog menyebut kemungkinan untuk merubah pandemi Covid -19 menjadi endemi masih ada. Walaupun harus memerlukan waktu, proses dan usaha yang cukup panjang.

Menurut ahli Epidemiolog Kalteng, Rini Fortina, Kamis (17/03/2022), untuk mensyaratkan kekondisi endemi, maka kasus fatality, positivity rate hingga keterisian rumah sakit harus benar benar sesuai dengan ketentuan.

Namun demikian, kondisi saat ini tetap ada kemungkinan bahwa pandemi akan berubah menjadi endemi .Walaupun ini akan memakan waktu dan proses yang panjang.

Disebutkan, ada tiga strategi utama dalam merubah jalan menuju endemi. Diantaranya, vaksinasi secara global, protokol kesehatan secara luas dan juga kapasitas respon dari pemerintah.

“Kapasitas respon juga menjadi bagian penting dari pihak pemerintah untuk melakukan pendataan, pemetaan, pelacakan, pekajian yang tepat soal Covid -19. Sehingga harus ada kerja sama antara pemerintah, masyarakat dan pihak terkait lainnya,”jelas Rini.

“Sementara itu, para ilmuwan dan para pakar terus melakukan pemeriksaaan di laboratorium mempelajari kemungkinan berubahnya Covid- 19, dan akan terus memperbaharui vaksin dan strategi penanganan yang sudah ada,”terangnya.

Terpisah akademisi Universitas Palangka Raya, Fitria Husnatarina, mengungkap, perubahan menuju endemi ini memang membutuhkan instrument regulasi pemerintah.

Namun ia mengaku optimis bahwa ini bisa terwujud salah satunya dengan menggiatkan protokol kesehatan. Sementara tenaga ahli bidang kesehatan diharap dapat terus melakukan kebijakan vaksinasi dengan melihat situasi virus mutasi baru, atau setiap jenis varian virus harus terus diikuti perkembangannnya. Terutama mencari formulasi terbaik untuk menangani pandemi.

“ Selain itu masyarakat juga harus mentaati gaya hidup sehat dan mengikuti protokol kesehatan dengan disiplin,”cetusnya.

Walaupun masih dibayangi dengan perkembangan an lahirnya mutasi virus terbaru,namun optimisme dan harapan bahwa endemi terwujud di suatu saat nanti masih ada. Dengan demikian ini perlu dukungan dan terobosan dari seluruh pihak untuk mewujudkan harapan Indonesia menuju endemi Covid -19. (AW/ST)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: