Musrenbang Kecamatan Acuan Usulan Prioritas

LENSAKALTENG. com - Kuala Kurun - Kalangan anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) berharap hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Re

PT BMB Bangun Kerjasama Dengan Koperasi Untuk Menuju Kemandirian Dan Kesejahteraan Rakyat
Opsi Menggratiskan Pelanggan PDAM Terdampak Covid-19 Mulai Dipikirkan
Selama Covid-19, Puskesmas Kurun Terapkan Layanan Khusus

BERFOSE : Ketua Komisi II DPRD Gunung Mas, Nomi Aprilia bersama koleganya tengah berfose saat mengikuti Musrenbang di Aula Kecamatan Kurun, belum lama ini. Foto. Nya

LENSAKALTENG. com – Kuala Kurun – Kalangan anggota DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) berharap hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023, menempatkan usulan prioritas masyarakat yang sejauh ini sudah diusulkan dalam musrenbang kecamatan.

“Kami selalu hadir dalam setiap pelaksanaan musrenbang tingkat kelurahan dan kecamatan. Tentu kami ingin memperjuangkan program daerah pemilihan (dapil) masing-masing, supaya mendapatkan slot anggaran di APBD nantinya,” ungkap Ketua Komisi II DPRD Gunung Mas, Nomi Aprilia.

Menurutnya, kegiatan musrenbang yang dilaksanakan merupakan wadah untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan. “Mudah-mudahan ini dapat menjadi penentu kegiatan prioritas pembangunan di wilayah setiap. kecamatan,” kata Nomi, Selasa (1/3/2022).

Lebih lanjut legislator asal Dapil I Gumas ini menjelaskan, musrenbang RKPD merupakan tahapan yang harus dilaksanakan sesuai amanat UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, serta Implementasi Permendagri Nomor 86 Tahun 2017.

Sejatinya, kegiatan musrenbang adalah sebagai rangkaian proses perencanaan dengan menjaring seluruh aspirasi masyarakat, yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya oleh pemerintah daerah bersama legislatif

Disisi lain, dilaksanakannya kegiatan tahunan itu tidak lain, sebagai upaya membahas dan menyepakati kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan yang belum tercakup dalam prioritas kegiatan pembangunan desa.

“Musrenbang ini gunanya untuk menyepakati, dan pengelompokan kegiatan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan, yang didasarkan tupoksi dari OPD yang diklasifikasikan berdasarkan urusan program,”pungkas srikandi PDI Perjuangan ini.(nya)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: