Plt. Sekda Kalteng Hadiri Rakor Pembrantasan Korupsi Terintegrasi

LENSAKALTENG.com - PALANGKA RAYA - Gubernur Kalteng, H.Sugianto Sabran melalui Pj. Sekda Kalteng H. Nuryakin menghadiri Rapat Koordinasi Pemberant

Aduan Tak Digubris, Masyarakat Gumas Bakal Blok Akses Truk PBS
Pemkab Barsel Utang Rp 16 Miliar Tanpa Persetujuan DPRD
Selama Covid-19, Ini Prosedur yang Musti Dipatuhi Bidan

FOTO : Plt. Sekda Kalteng, H. Nuryakin

LENSAKALTENG.com – PALANGKA RAYA – Gubernur Kalteng, H.Sugianto Sabran melalui Pj. Sekda Kalteng H. Nuryakin menghadiri Rapat Koordinasi Pemberantasan Korupsi Terintegrasi se-Kalteng yang digelar secara luring dan daring di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin (14/3/2022).

Nuryakin menyampaikan bahwa kegiatan rakor akan memberikan manfaat dalam mencapai tujuan bersama khususnya dalam mewujudkan Kalteng BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis).

Nuryakin juga mengapresiasi atas sinergitas dan koordinasi kepada seluruh pihak dalam mewujudkan kondisi yang kondusif dalam mewujudkan Kalteng bebas korupsi melalui upaya pencegahan korupsi terintegrasi di wilayah Kalteng.

“Oleh karena itu, saya memberikan  apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh stakeholders yang hadir dalam rapat ini,” tutur Nuryakin.

Nuryakin menjelaskan bahwa capaian MCP Prov. Kalteng pada Tahun 2021 sebesar 92,92 persen yang diantaranya terdiri atas Perencanaan dan Penganggaran APBD 95,8 persen Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) 93,64 persen, Perijinan 95,71 persen, Penguatan APIP 97,27 persen, Manajemen ASN 80,77 persen, Optimalisasi Pajak Daerah 99,56 persen dan Manajemen Aset Daerah 82,60 persen.

Sebagai informasi, Monitoring Center for Prevention (MCP) merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh KPK untuk memudahkan monitoring yang dilakukan oleh bidang Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi (Korsupgah) KPK RI.

Lebih lanjut Nuryakin menuturkan Kondisi ini jika dibandingkan dengan capaian tahun 2020 sebesar 82,78 persen meningkat 10,14 persen. Sedangkan capaian MCP Tahun 2021 untuk tingkat Pemerintah Daerah se-Kalteng adalah sebesar 77 persen atau naik 13 persen apabila dibandingkan dengan tahun 2020 yang mencapai 64 persen.

“Untuk itu saya menghimbau hal ini untuk terus dipertahankan dan semakin ditingkatkan untuk mewujudkan Kalteng yang bebas korupsi,” tutur Nuryakin.

Sedangkan untuk tingkat Kepatuhan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) Tahun 2021 Pemprov adalah 100 persen dengan jumlah wajib lapor sebanyak 485 Orang. Tingkat Kepatuhan Pemda se-Kalteng adalah 94,85 persen atau naik 3,73 persendari tahun 2020 sebesar 91,12 persen. Tingkat Kepatuhan LHKPN Tahun 2021 untuk DPRD Provinsi adalah 77,78 persen dengan jumlah wajib lapor sebanyak 45 orang. (Per 09 Maret 2022).

Adapun Upaya Pemprov Kalteng dalam memenuhi komitmen bersama program pemberantasan korupsi terintegrasi yakni, Pertama, Penerapan E-Government : Dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang profesional dan akuntabel, Pemprov. Kalteng menerapkan sistem E-Planning (perencanaan), E-Budgeting (anggaran), E-Procurement (pengadaan) serta E- Controling dan sistem elektronik lainnya untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan.

“Pemprov. Kalteng bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota se-Kalteng memiliki komitmen yang sangat tinggi dalam upaya memberantas korupsi, sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Kalteng,” pungkas Nuryakin.

Disisi lain Direktur Koordinasi dan Supervisi Wilayah III KPK RI Brigjen Bahtiar Ujang Purnama mengatakan rata-rata Indeks Pemerintah Daerah di wilayah Kalteng sebesar 70,6 persen. Sedangkan pada Indeks Integritas Nasional Indonesia 72,4 persen.

Turut hadir Ketua DPRD Kalteng Wiyatno, Kasatgas Wilayah III KPK Edi Suryanto, Kepala Instansi Vertikal terkait, serta Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng. Hadir juga Bupati/Walikota se-Kalteng, Ketua DPRD Kabupaten/Kota se-Kalteng, Sekda dan Inspektur Kabupaten/Kota se-Kalteng serta Kepala Perangkat Daerah Kabupaten/Kota terkait. (Don/MMC)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: