Puncak Omicron Terlewati, Kesempatan Pulihkan Ekonomi

Puncak Omicron Terlewati, Kesempatan Pulihkan Ekonomi LENSAKALTENG. com - Palangka Raya - Puncak serangan gelombang ketiga omicron tampaknya su

Rahmad Handoko Nahkodai KNPI Kalteng
Ditpolairud Polda Kalteng Rutin Patroli Perairan
RTRWP Kalteng Pesanan Investor

Puncak Omicron Terlewati, Kesempatan Pulihkan Ekonomi

Akademisi, Miar P Bakar

LENSAKALTENG. com – Palangka Raya – Puncak serangan gelombang ketiga omicron tampaknya sudah terlewati dengan melandainya kasus positif harian di berbagai kota besar di pulau Jawa , Bali dan Sumatera. Gelagat ini juga tampaknya terjadi di Kota Palangka Raya dan sejumlah kota lainnya di Kalimantan Tengah, yang menunjukkan trend positif alias melandai angka aktif Covid-19

Jika kondisi terus melandai dan pandemi bisa dikendalikan, ini menjadi peluang mengejar ketertinggalan ekonomi dan pembangunan yang selama ini merosot .

Kepada Lensakalteng.com, salah seorang akademisi Universitas Palangka Raya , Miar P Bakar,  Sabtu (12/03/2022) mengatakan, kondisi pandemi yang terus melandai, akan menjadi kesempatan emas mengejar ketertinggalan ekonomi dan pembangunan selama ini.

Dengan upaya pemerintah mengupayakan agar pandemi ini berangsur menjadi sebuah endemi, ia sangat berharap roda pembangunan, ekonomi, investasi, bisnis, perdagangan hingga usaha mikro hingga taraf besar kembali pulih.

Jika kondisi terus melandai da kegiatan serta aktivitas masyarakat dibuka perlahan, diharapkan tingkat kemiskinan makin berkurang, lapangan kerja terbuka kembali dan roda ekonomi berputar di atas poros yang sehat .

Namun Miar mengingatkan , sikap waspada dan mawas tak boleh ditinggalkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“ Kita berharap ini jadi kesempatan untuk bisa menggerakkan kembali roda pembangunan dan perekonomian yang sempat tersendat”, jelasnya.

Sementara itu, Ketua Harian Tim Satgas Covid 19, Palangka Raya, Emi Abriyani mengungkap, dari sekian banyak kasus positif Covid -19 di Palangka Raya merupakan varian omicron. Ini diketahui dari hasil uji laboratorium yang dikirim ke lembaga pusat.

“Hingga kini pihak RS di Palangka Raya terus melakukan analisis dan evaluasi serta koordinasi bersama tim satgas Covid – 19,”jelasnya.

Terlepas dari itu, walaupun puncak serangan omicron di sejumlah daerah dan kota besar di Indonesia telah terlewati, namun masyarakat tetap tidak boleh abai dan lalai terhadap protokol kesehatan yang telah disepakati. (AW/ST)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: