Terkait IKN di Kaltim Sidik Usop : Saatnya Hidupkan Konsep Kalimantan Terpadu

Palangka Raya – Seluruh wilayah di Pulau Kalimantan sudah saatnya menghidupkan kembali konsep Kalimantan terpadu yang pernah digagas berpuluh tahu

Pemerintah Kalimantan Tengah Sambut Kunjungan Dubes Kerajaan Belanda
Janji Bantu Ribuan Mahasiswa Kalteng Terdampak Covid-19
Peduli Tenaga Medis, NasDem Salurkan Bantuan

Palangka Raya – Seluruh wilayah di Pulau Kalimantan sudah saatnya menghidupkan kembali konsep Kalimantan terpadu yang pernah digagas berpuluh tahun silam. Hal itu menyusul terwujudnya pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur.

Konsep Kalimantan Terpadu merupakan pemerataan pembangunan dan persatuan wilayah Kalimantan, untuk bersama sama berkontribusi secara proporsional dalam pembangunan.

Disebutkan Sidik, selasa (15/4/2022) konsep Kalimantan Terpadu permah muncul di orde lama . Dimana pada intinya wilayah di seluruh Kalimantan saling bahu membahu mendorong pembangunan antar wilayah secara merata.

Konsep ini menurut Sidik, perlu dihidupkan kembali ketika ibukota negara pindah di Kalimantan. Seluruh wilayah di Kalimantan haruslah memiliki pemikiran bahwa daerahnya bukan wilayah penyangga. Namun sudah menjadi satu bagian dari ibu kota negera itu sendiri. Sehingga semua memiliki kewajiban dan kontribusi yang sama sebagai Kalimantan yang terpadu.

“ Dalam konsep Kalimantan terpadu Pulau Kalimantan secara keseluruhan menjadi satu sistem pembangunan yang sama sama bergerak untuk mendorong dan mendongkrak kemajuan pembangunan di wilayah Kalimantan lainnya”, jelasnya.

Memang perpindahan IKN ke Kalimantan Timur , bukan hanya menjadi tanggungan bagi provinsi Kalimantan timur saja, namun semua wilayah baik Kalsel, Kalbar, Kaltara hingga Kalteng harus ikut berkontribusi bersama secara adil dan menguntungkan agar menciptakan pemerintahan nasional yang bersih dan berkompeten seperti yang diidamkan bersama. (AW/ST)

 

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: