Tokoh Gumas Gelar Prosesi Adat Untuk IKN

LENSAKALTENG.com - KUALA KURUN – Dalam Rangka peletakan batu pertama ibukota negara IKN (di Nusantara). Presiden RI Joko Widodo beserta seluruh Gu

Polsek Kurun Aktif Edukasi Larangan Karhutla
Terkait Prokes, Ini Pesan Kapolsek Sepang
Berharap Warga Sepang Patuhi Prokes

FOTO : Ilustrasi Patung Adat Dayak

LENSAKALTENG.com – KUALA KURUN – Dalam Rangka peletakan batu pertama ibukota negara IKN (di Nusantara). Presiden RI Joko Widodo beserta seluruh Gubernur Indonesia akan mengunjungi IKN tanggal 13 s.d. 16 Maret 2022.

Prosesi pengambilan unsur tanah dan air dilakukan oleh tokoh masyarakat yaitu mantir adat Desa Tumbang Pajangei didampingi Tim Penggerak PKK Kabupaten Gunung Mas Ny. Mimie Mariatie Jaya Samaya Monong, pihak kecamatan Tewah, dan Perangkat Desa Tumbang Pajangei, Jumat (11/3/2022).

Dari Kabupaten Gunung Mas unsur tanah dan air diambil dari desa Tumbang Pajangei Kecamatan Tewah, tempat bersejarah Objek Wisata di situs Tambun Bungai.

Tambun Bungai adalah tokoh legenda Suku Dayak Ot Danum yang tinggal di tengah pulau Kalimantan, khususnya wilayah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Tambun dan Bungai dianggap tokoh supranatural sekaligus nenek moyang suku Dayak.

Walaupun areal atau situs-situs pemukiman mereka sudah banyak yang hancur dimakan usia, lokasinya masih dianggap sakral dan merupakan tempat larangan sehingga sampai sekarang tetap bertahan.

Situs ini menyimpan berbagai bentuk peninggalan sejarah, antara lain berupa patung Tambun Bungai, Kumpulan Penyang Pusaka, Pasah Patahu Tambun Bungai, situs Batu Bulan, dan Sandung Tamanggung Sempung.

Air bersumber dari Sungai Pajangei sebagai Sumber Air Minum, Mandi, Cuci dan kebutuhan sehari-hari dan tempat tambatan perahu dari tokoh supranatural Tambun dan Bungai, yang bermuara ke Sungai Kahayan. (Don/Kominfogumas)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: