Hadapi Arus Mudik Lebaran 1443H, RSUD Pulpis Kerahkan Nakes

LensaKalteng.com - PULANG PISAU - RSUD Pulang Pisau sudah mengantisi­pasi arus mudik jelang dan pasca lebaran Idul Fitri 1443 hijriah. Diantaranya R

Berharap Bartim Mandiri Urusan Pangan
Peduli Kesehatan Anak Buahnya, Rektor UPR Rutin Cek Ruangan
Hambit Turun Gunung, Riwayat Ketua MK Tamat

FOTO: Direktur RSUD Pulang Pisau, Dr Muliyanto Budihardjo.

LensaKalteng.com – PULANG PISAU – RSUD Pulang Pisau sudah mengantisi­pasi arus mudik jelang dan pasca lebaran Idul Fitri 1443 hijriah. Diantaranya RSUD siapkan sia­ga pos mudik dengan gabungan tim yang terbentuk setiap tahun­nya. RSUD akan siapkan tenaga Kesehatan yang stanby di pos siaga dan di rumah sakit.

Tidak dipungkiri masa Pan­demi Covid-19 selama 2 tahun terakhir diberlakukan larangan mudik. Namun untuk lebaran Idul Fitri tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran untuk masyarakat bisa mudik ke kam­pung halaman.

Pembolehan tersebut membuat RSUD menyiapkan Tim Nakes untuk siaga baik di RSUD mau­pun Pos Jaga Tim Gabungan guna antisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan di wilayah kabupaten Pulang Pisau.

Direktur RSUD Pulang Pisau, Dr Muliyanto Budihardjo me­ngatakan bahwa tahun ini masya­rakat akan memanfaatkan waktu lebaran untuk melakukan perja­lanan pulang kampung sehingga diprediksi arus mudik di wilayah Pulang Pisau akan mengalami arus lalu lintas yang padat.

“Kita prediksi bahwa idul fitri tahun ini arus mudik lebaran akan meningkat sehingga ker­awanan lalu lintas akan menjadi langkah kami untuk menyiapkan diri antisipasi terjadinya ke­celakaan di jalan lintas, kami tentu akan menyiapkan tim untuk siaga lebih dibanding hari biasa,” kata dr. Muliyanto, Rabu (20/4/2022)

Untuk itu, kata Muliyanto, yang dilakukan RSUD Pulang Pisau adalah dengan menyiapkan Tim Medis dalam penanganan bila terjadi hal yang tidak diing­inkan, baik untuk warga Pulang Pisau maupun pengguna jalan lintas trans kalimantan wilayah Pulang Pisau.

“Pada Ruas Jalan Lintas Trans Pulang Pisau ini sering terjadi laka lantas yang mengakibatkan penanganan di sarana kesehatan dan kami sudah melakukan ra­pat intern antisipasi hal tersebut termasuk penyediaan obat dan layanan di IGD lebih siaga lagi,” ucapnya.

Ditambahkan Muliyanto bah­wa ketersediaan obat juga men­jadi perhatian RSUD serta jam siaga untuk jajaran Tim Nakes, baik untuk siaga di Pos Pantau mudik maupun di ruang IGD. Sedangkan lokasi diluar kota pihaknya akan berkoordinasi de­ngan dinas kesehatan setempat. (Yanto/Yss)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0
%d blogger menyukai ini: